Tribun

Kondisi Najib Razak di Sel Penjara: Untuk Saat Ini, Saya Sehat, Baik dan Tenang Alhamdulillah

Setelah 6 malam di penjara, mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Najib Razak mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kondisi Najib Razak di Sel Penjara: Untuk Saat Ini, Saya Sehat, Baik dan Tenang Alhamdulillah
Mohd RASFAN / AFP
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak melambai saat meninggalkan kompleks Pengadilan Duta setelah dia dinyatakan bersalah dalam persidangan korupsi di Kuala Lumpur pada 28 Juli 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Setelah 6 malam di penjara, mantan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja.

Pernyataan itu disampaikan dalam sebuah postingan Facebook pada Selasa ini.

Dikutip dari laman Malaymail, Selasa (30/8/2022), hari ini adalah hari ke-7 Najib menjalani masa tahanannya di penjara Kajang.

Ia adalah mantan Perdana Menteri pertama Malaysia yang dipenjara.

Dalam sebuah postingan singkat menggunakan bahasa Melayu di laman Facebook miliknya pada Selasa sore, ia menuliskan bahwa putrinya, Nooryana Najwa yang biasa ia panggil 'Gina' telah mengatakan kepadanya bahwa banyak yang bertanya tentang 'bagaimana kabarnya'.

"Untuk saat ini saya sehat, baik, tenang. Alhamdulillah. Saya memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pengacara dan keluarga saya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," kata Najib.

Politisi yang terlahir dari keluarga terpandang di negara itu pun menanyakan perkembangan terakhir kasusnya, sambil membahas mengenai masalah pengadilan.

Ia menambahkan bahwa dirinya juga menghabiskan banyak waktu untuk menuliskan pandangannya dan memberikannya kepada pengacara atau keluarganya untuk dibagikan kepada publik.

Perlu diketahui, Najib telah berada di penjara sejak putusan Pengadilan Federal pada 23 Agustus lalu, di mana panel lima hakim dengan suara bulat memutuskan untuk menegakkan keyakinannya, menjatuhkan denda 210 juta ringgit Malaysia untuk Najib dan hukuman penjara 12 tahun, karena ia terbukti menggelapkan 42 juta ringgit Malaysia milik SRC International Sdn Bhd.

Selain kasus SRC, Najib juga menghadapi 4 persidangan pidana lainnya, termasuk 2 yang belum dimulai.

Baca juga: Terbiasa Tenang, Istri Najib Razak Tampak Sedih Saat Tinggalkan Istana Kehakiman

Sejak penahanannya pada 23 Agustus lalu, ia telah 2 kali dibawa keluar dari penjara untuk menghadiri dua persidangan pidana yang sedang berlangsung.

Najib pun terlihat mengenakan jas dan dasi pada dua kesempatan itu.

Petinggi Partai UMNO itu pun dibawa keluar pada 25 Agustus 2022 untuk menjalani persidangannya yang melibatkan 25 dakwaan atas penyelewengan dana 1Malaysia Development Berhad (1MDB) sebesar 2,28 miliar ringgit Malaysia.

Anggota keluarga Najib yang terlihat di kompleks pengadilan Kuala Lumpur pada hari itu adalah putrinya Nooryana, istrinya Datin Seri Rosmah Mansor dan putranya Norashman.

Pada hari itu, ia berhasil melambaikan tangan keluar dari jendela mobil untuk menyapa sekelompok kecil pendukungnya dalam konvoi yang membawanya kembali ke penjara.

Najib juga dibawa keluar pada 26 Agustus lalu untuk menghadiri persidangan penyalahgunaan kekuasaannya yang melibatkan dugaan instruksinya untuk membuat perubahan pada laporan audit auditor jenderal di 1MDB.

Baca juga: Putra Sulung Najib Razak: Doakan Kesehatan dan Keselamatan Ayah Kami

Pada hari itu, Rosmah, Norashman, dan putra Najib yakni Datuk Mohd Nizar Najib juga terlihat di pengadilan.

Sumber

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas