Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

100 Kilometer Wilayah Pakistan Jadi 'Danau' setelah Diterjang Banjir Bandang Sungai Indus

100 kilometer wilayah Provinsi Sindh, Pakistan menjadi "danau" setelah diterjang banjir bandang dari Sungai Indus.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Miftah
zoom-in 100 Kilometer Wilayah Pakistan Jadi 'Danau' setelah Diterjang Banjir Bandang Sungai Indus
AFP/FIDA HUSSAIN
Pemandangan dari udara ini menunjukkan daerah pemukiman yang terendam banjir di Kota Dera Allah Yar setelah hujan lebat di distrik Jaffarabad, Provinsi Balochistan pada 30 Agustus 2022. - 100 kilometer wilayah Provinsi Sindh, Pakistan menjadi "danau" setelah diterjang banjir bandang dari Sungai Indus. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagian Provinsi Sindh, Pakistan menjadi "danau" seluas 100 kilometer akibat banjir bandang luapan dari Sungai Indus, CNN melaporkan.

Foto-foto terbaru yang diambil pada 28 Agustus 2022 dari sensor satelit MODIS NASA menunjukkan kombinasi hujan lebat dan Sungai Indus yang meluap telah menggenangi bagian selatan provinsi itu.

Wilayah yang dulunya ladang pertanian kini tenggelam.

Musim hujan tahun ini sudah menjadi yang terbasah di negara itu sejak pencatatan dimulai pada tahun 1961, menurut Departemen Meteorologi Pakistan, dan musim masih tersisa satu bulan lagi.

Pejabat PBB menggambarkan hujan di Pakistan sebagai "musim dengan steroid" membawa curah hujan terberat dalam ingatan hidup dan banjir yang telah menewaskan 1.162 orang, melukai 3.554 dan mempengaruhi 33 juta orang sejak pertengahan Juni.

Di Provinsi Sindh dan Provinsi Balochistan, curah hujan telah mencapai 500 persen di atas rata-rata, melanda seluruh desa dan lahan pertanian, meratakan bangunan dan memusnahkan tanaman.

Baca juga: Berita Foto : Penampakan Banjir Besar yang Menenggelamkan Sepertiga Pakistan

Sementara sebagian besar cuaca kering diperkirakan di wilayah itu dalam beberapa hari mendatang, para ahli mengatakan air akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk surut.

BERITA REKOMENDASI

Menteri Perubahan Iklim Pakistan Sherry Rehman mengatakan pada hari Minggu bahwa bagian-bagian negara itu "menyerupai lautan kecil," dan "pada saat ini berakhir, kita mungkin memiliki seperempat atau sepertiga dari Pakistan di bawah air."

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Pakistan Bilawal Bhutto Zardari mengatakan dia telah mengunjungi Provinsi Sindh dan melihat langsung bagaimana banjir telah menggusur seluruh desa dan kota.

"Hampir tidak ada lahan kering yang bisa kita temukan. Skala tragedi ini, 33 juta orang, itu lebih banyak dari populasi Sri Lanka atau Australia," katanya.

"Dan sementara kami memahami bahwa realitas baru perubahan iklim berarti cuaca yang lebih ekstrem, atau musim hujan, gelombang panas yang lebih ekstrem seperti yang kita lihat awal tahun ini, skala banjir saat ini adalah proporsi apokaliptik. Kami tentu berharap itu bukan iklim baru."

Gambar satelit dari Maxar Technologies dari daerah lain di negara itu menunjukkan bagaimana seluruh desa dan ratusan bidang tanah hijau telah diratakan oleh banjir yang bergerak cepat.

Gambar dari Gudpur, sebuah daerah di Punjab, menunjukkan bagaimana banjir telah merusak rumah, dan mengganti tanah dengan jalan meliuk-liuk dari tanah kosong.

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif tiba di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa utara pada hari Rabu untuk memeriksa kerusakan akibat banjir.

Provinsi tersebut telah mencatat sebagian besar kematian terbaru setelah permukaan air naik secara eksponensial, kata Otoritas Manajemen Bencana Nasional negara itu.

Sharif mengatakan pada hari Selasa bahwa banjir itu adalah yang terburuk dalam sejarah Pakistan dan bantuan internasional diperlukan untuk menangani skala kehancuran.

Baca juga artikel lain terkait Banjir Bandang di Pakistan

(Tribunnews.com/Rica Agustina)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas