Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Catat Sejarah Inggris, Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Lampaui Ratusan Miliar Rupiah

Mengingat Ratu kebanggaan Inggris ini telah mengepalai kerajaan selama 70 tahun terhitung sejak 6 Februari 1952

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Catat Sejarah Inggris, Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Lampaui Ratusan Miliar Rupiah
Getty Images/Steve Parsons
Ratu Elizabeth II 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, LONDON – Pemakaman queen of England Ratu Elizabeth II yang akan dilangsungkan pada 19 September mendatang di Westminster Abbey, London diperkirakan memakan biaya yang cukup mahal hingga tembus ratusan miliar rupiah.

Wafatnya Ratu Elizabeth II tak hanya memberikan luka dalam bagi masyarakat Inggris namun juga bagi warga dunia.

Mengingat Ratu kebanggaan Inggris ini telah mengepalai kerajaan selama 70 tahun terhitung sejak 6 Februari 1952, hingga membuatnya menjadi pemimpin yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris.

Untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Ratu Elizabeth II istana Buckingham telah menyiapkan serangkaian acara sebelum Ratu dikebumikan, dimana peti mati Ratu Inggris ini akan disemayamkan sementara di Westminster Hall selama empat hari agar publik dapat memberikan penghormatan sebelum peti diantarkan ke pemakaman Westminster Abbey

Baca juga: Lagu Kebangsaan hingga Gambar Uang Inggris akan Alami Perubahan Setelah Ratu Elizabeth II Meninggal

Menurut laporan outkick pemakaman tersebut akan dihadiri 2.000 tamu termasuk para pemimpin dari seluruh dunia dan keluarga kerajaan, tak hanya itu pemakaman juga akan disiarkan di televisi sehingga dapat ditonton miliaran orang.

Istana Buckingham sendiri diketahui telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempersiapkan kematian Ratu, bahkan kerajaan telah menyiapkan dua skema pemakaman yaitu 'Operasi Unicorn' apabila Ratu menghembuskan nafas di Kastil Balmoral di Skotlandia berlangsung dan operasi 'Jembatan London' apabila Ratu menutup usia di Istana Buckingham.

BERITA TERKAIT

Meskipun sampai saat ini Istana Buckingham masih enggan melaporkan biaya pemakaman Ratu Elizabeth II, namun dipastikan proses pemakaman Ratu sekaligus pelantikan Raja Charles III akan menelan biaya yang banyak, hingga memakan produk domestik bruto sekitar 6 miliar poundsterling atau Rp 103 triliun, dengan satuan kurs Rp 17.204/poundsterling.

Apabila jumlah tersebut benar, maka dipastikan pemakaman Ratu Elizabeth II menjadi pemakaman yang paling besar dan mahal dalam sejarah Inggris.

Berbanding jauh dengan pemakaman Putri Diana pada 1997 yang menghabiskan sekitar 11,8 juta dolar AS atau Rp 174 miliar dan pemakaman Ibu Suri Kerajaan atau Ibu dari Ratu Elizabeth II pada 2002 lalu yang menelan dana lebih dari 5,8 juta dolar AS setara dengan Rp 86 miliar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas