Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fakta Peti Mati Ratu Elizabeth II, Dibuat Puluhan Tahun Lalu dari Kayu Ek dan Dilapisi Timah

Peti mati Ratu Elizabeth II dibuat sejak puluhan tahun yang lalu dari kayu ek yang dilapisi timah.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Fakta Peti Mati Ratu Elizabeth II, Dibuat Puluhan Tahun Lalu dari Kayu Ek dan Dilapisi Timah
AFP/ALKIS KONSTANTINIDIS
Pembawa jenazah membawa peti mati mendiang Ratu Elizabeth II Inggris yang ditutupi dengan Royal Standard of Scotland, di Istana Holyroodhouse, di Edinburgh pada 11 September 2022. - Peti mati Ratu Elizabeth II akan melakukan perjalanan melalui jalan darat melalui kota-kota dan desa-desa Skotlandia pada hari Minggu. memulai perjalanan terakhirnya dari tempat peristirahatan Skotlandia tercinta di Balmoral. Sang Ratu, yang meninggal pada 8 September, akan dibawa ke Istana Holyroodhouse sebelum beristirahat di Katedral St Giles, sebelum melanjutkan perjalanan ke London untuk pemakamannya. - PPeti mati Ratu Elizabeth II dibuat sejak puluhan tahun yang lalu dari kayu ek dan dilapisi timah. (Photo by ALKIS KONSTANTINIDIS / POOL / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah fakta tentang peti mati Ratu Elizabeth II yang telah tiba di Istana Buckingham, London, Inggris pada Selasa (13/9/2022).

Peti mati Ratu Elizabeth II sebelumnya diangkut dari Edinburgh dengan pesawat angkut C-17 Globemaster di hari yang sama.

Dilansir CNN, Putri Anne, satu-satunya anak perempuan Ratu Elizabeth II, senantiasa menemani selama perjalanan. 

Adapun pesawat yang mengangkut peti, adalah pesawat yang sama yang digunakan untuk membawa ribuan pengungsi dari Afghanistan tahun lalu.

Setelah dibawa ke Istana Buckingham, selanjutnya peti mati Ratu akan dibawa ke Gedung Parlemen untuk disemayamkan pada Rabu (14/9/2022) waktu setempat.

Sebagaimana prosesi lainnya di kerajaan, peti mati seorang penguasa monarki Inggris memiliki sejarah tersendiri.

Baca juga: Raja Charles III Didampingi Pangeran Harry dan Meghan Markle Tunggu Peti Mati Ratu Elizabeth II

Dibuat Puluhan Tahun yang Lalu

BERITA TERKAIT

Peti mati Ratu telah dibuat lebih dari 30 tahun yang lalu, jelas direktur pemakaman kepada USA Today

Leverton & Sons, yang menjabat sebagai direktur pemakaman untuk rumah tangga kerajaan mengatakan bahwa peti mati yang dibuat untuk ratu diwarisi oleh perusahaan lain, Kenyons.

Andrew Leverton, direktur pemakaman di Leverton & Sons pada 2018 lalu mengatakan kepada media Inggris, The Times, bahwa peti mati Ratu terbuat dari kayu ek atau kayu oak.

"Ini terbuat dari kayu ek Inggris, yang sangat sulit didapat."

"Peti mati kayu ek sekarang terbuat dari kayu ek Amerika. Saya tidak berpikir kita bisa menggunakan kayu ek Inggris untuk peti mati sekarang. Itu akan terlalu mahal," kata Leverton kepada media itu.

Dilihat dari atas Wellington Arch, peti mati Ratu Elizabeth II dibawa di Royal Hearse ke Istana Buckingham di London pada 13 September 2022, setelah kematiannya pada 8 September. Peti mati Ratu Elizabeth II pada Selasa akan diterbangkan oleh Royal Air Force dari Edinburgh ke London, ditemani putri tunggal ratu Anne, Putri Kerajaan, dan diantar ke Istana Buckingham.
Dilihat dari atas Wellington Arch, peti mati Ratu Elizabeth II dibawa di Royal Hearse ke Istana Buckingham di London pada 13 September 2022, setelah kematiannya pada 8 September. Peti mati Ratu Elizabeth II pada Selasa akan diterbangkan oleh Royal Air Force dari Edinburgh ke London, ditemani putri tunggal ratu Anne, Putri Kerajaan, dan diantar ke Istana Buckingham.  - Peti mati Ratu Elizabeth II dibuat sejak puluhan tahun yang lalu dari kayu ek dan dilapisi timah. (AFP)

Peti mati juga dilapisi dengan timah, kata Leverton & Sons.

Lapisan timah membuat peti mati begitu berat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas