Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Khawatir Asia Pecah, Pentagon Peringatkan Xi Jinping Untuk Tak Serang Taiwan

Jenderal tinggi Pentagon memperingatkan bahwa setiap serangan yang dilakukan presiden China Xi Jinping terhadap Taiwan akan berpotensi memicu perang

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Khawatir Asia Pecah, Pentagon Peringatkan Xi Jinping Untuk Tak Serang Taiwan
AFP
Sebuah jet militer China terbang di atas pulau Pingtan, salah satu titik terdekat China daratan ke Taiwan, di provinsi Fujian pada 6 Agustus 2022. Taiwan menuduh tentara China mensimulasikan serangan di pulau utamanya pada 6 Agustus, saat Beijing melanjutkan pembalasannya untuk Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei. Hector RETAMAL / AFP 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Jenderal tinggi Pentagon memperingatkan bahwa setiap serangan yang dilakukan presiden China Xi Jinping terhadap Taiwan akan berpotensi memicu peperangan, sama seperti invasi yang terjadi pada Rusia dan Ukraina.

"Saya pikir itu tidak bijaksana, itu akan menjadi kesalahan politik, kesalahan geopolitik, kesalahan strategis, mirip dengan kesalahan strategis yang dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina," kata Ketua Kepala Gabungan AS Jenderal Mark Milley yang dikutip dari Barrons.

Ketegangan antara China dan Taiwan terjadi setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi menggelar kunjungan ke Taipei pada Juli lalu, tindakan yang dilakukan AS ini sontak memicu ketegangan hubungan antara Beijing dan Taipei. Hingga membuat Pemerintah China menugaskan angkatan perangnya untuk menggelar operasi militer besar-besaran.

Baca juga: Biden Ingatkan Xi Jinping Soal Tindakan Pemaksaan Taiwan

Khawatir ketegangan ini kian membuat hubungan geopolitik China dan Taiwan memanas dan pecah, mendorong pemerintah Amerika untuk menyerukan langkah damai pada Xi Jinping saat berlangsungnya KTT G20 Bali pada Senin (14/11/2022).

Mengingat selama beberapa bulan terakhir China kerap mengintimidasi Taiwan, salah satunya dengan mengerahkan jet tempur ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) atau wilayah erbatasan.

“Bila perpecahan terjadi maka akan berakhir dengan bencana pertumpahan darah, ratusan orang mati, dan tank diledakkan, segalanya menjadi sedikit berbeda. Ada banyak gesekan dan kabut dalam pertempuran," kata Milley.

BERITA TERKAIT

Meski Tentara Pembebasan Rakyat China berpotensi membuka serangan ke Taiwan, namun menurut Milley militer China akan mengalami tugas yang berat untuk melakukan reunifikasi pada Taiwan. Terlebih ada banyak negara yang menentang perubahan status quo di Selat Taiwan.

"Mereka akan memainkan permainan yang sangat-sangat berbahaya untuk menyeberangi selat dan menginvasi pulau Taiwan," tutur Milley.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas