Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ISIS Afghanistan Akui Coba Lenyapkan Diplomat Pakistan di Kabul

Kelompok teroris ISIS (Daesh) mengaku bertanggungjawab atas serangan ke kantor diplomat Pakistan di Kabul, Afghanistan.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in ISIS Afghanistan Akui Coba Lenyapkan Diplomat Pakistan di Kabul
AFP/MOHD RASFAN
Pejuang Taliban berpatroli di sepanjang jalan selama demonstrasi oleh orang-orang untuk mengutuk protes baru-baru ini oleh aktivis hak-hak perempuan Afghanistan, di Kabul, Jum'at (21 Januari 2022). Aksi warga mendukung tindakan pemerintah Taliban yang telah mengamankan aktivis hak-hak perempuan serta adanya campur tangan Pakistan yang dianggap menghina nilai-nilai Afghanistan. (Mohd RASFAN / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, KABUL – Wakil Khusus Pakistan untuk Afghanistan, Mohammad Sadiq, mengatakan Taliban telah mengonfirmasi, petempur ISIS memang ingin melenyapkan diplomat Pakistan di Kabul, Afghanistan.

Keterangan diperoleh Mohammad Sadiq dari elemen Taliban yang memverifikasi kebenaran klaim kelompok teroris tersebut menyusul serangan ke kantor diplomatik Pakistan di Kabul, Jumat (2/12/2022)

Dua teroris bersenjatakan senapan penembak tepat dan senjata lainnya menyerang kantor diplomatik Pakistan di Kabul.




Seorang penjaga Pakistan terluka tembak di dadanya saat pelaku melancarkan aksinya. Ia menderita luka tembak di tiga bagian, sementara diplomat Pakistan selamat.

Pemerintah Islamabad menyatakan, petugas keamanan yang terluka saat ini sedang memulihkan diri dari luka-lukanya. Tidak dijelaskan bagaimana kondisi sebenarnya.

Serangan itu digambarkan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif sebagai upaya pembunuhan pengecut terhadap Ubaid-ur-Rehman Nizamani, Kepala Misi Islamabad di Kabul.

Nizamani lolos dari incara penyerang setelah penjaga keamanan bergerak melindungi dan menggunakan tububhnya untuk menghadang serangan teroris.

BERITA TERKAIT

Sharif menuntut penyelidikan segera atas insiden tersebut. Nizamani ditempatkan sebagai kepala misi Pakistan di Kabul awal bulan lalu.

Meskipun Pakistan tidak secara resmi mengakui pemerintahan Taliban yang berkuasa di Afghanistan Agustus lalu, Pakistan adalah negara yang mempertahankan kehadiran diplomatiknya di Kabul.

Baca juga: Bom Bunuh Diri Taliban Pakistan Serang Polisi Pengawal Tim Vaksinasi Polio, 4 Orang Meninggal Dunia

Baca juga: Kelompok Teroris ISIS Klaim Pemimpinnya Tewas dalam Pertempuran

Baca juga: Perang Kotor Intel Asing, ISIS, dan Upaya Oposisi Mendongkel Bashar Assad

“Saya sangat mengutuk upaya pembunuhan pengecut terhadap Kepala Misi Pakistan, Kabul,” kata Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif di Twitter.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar mengunjungi Kabul untuk bertemu Menlu Taliban Amir Khan Muttaqi.

"Emirat Islam Afghanistan mengutuk keras upaya penembakan dan serangan yang gagal terhadap kedutaan Pakistan di Kabul," kata juru bicara Abdul Qahar Balkhi di Twitter.

Penembakan itu terjadi sehari setelah pemerintah Pakistan menuntut penguasa Taliban Afghanistan mencegah serangan teroris yang datang dari tanah mereka.

Kelompok bersenjata Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), juga dikenal sebagai Taliban Pakistan, mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri awal pekan ini di Pakistan barat daya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas