Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Gabon Michael Moussa Adamo Meninggal karena Serangan Jantung, Presiden Bongo Berduka

Menteri Luar Negeri (Menlu) Gabon, Michael Moussa Adamo meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung saat menghadiri raoat.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menlu Gabon Michael Moussa Adamo Meninggal karena Serangan Jantung, Presiden Bongo Berduka
Twitter/Michael Moussa Adamo
Menteri Luar Negeri (Menlu) Gabon, Michael Moussa Adamo meninggal dunia pada Jumat (20/1/2023) lalu setelah mengalami serangan jantung saat menghadiri rapat kabinet. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LIBREVILLE - Menteri Luar Negeri (Menlu) Gabon, Michael Moussa Adamo meninggal dunia pada Jumat (20/1/2023) lalu setelah mengalami serangan jantung saat menghadiri rapat kabinet.

Adamo yang merupakan sekutu dekat Presiden Ali Bongo Ondimba, sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Gabon untuk Amerika Serikat (AS).

"Saat itu ia duduk pada awal rapat kabinet dan mulai merasa tidak enak badan," kata seorang sumber pemerintah negara itu.

Dikutip dari laman Russia Today, Senin (23/1/2023), pemerintah mengkonfirmasi bahwa Adamo mengalami serangan jantung dan langsung dibawa ke rumah sakit militer.

Baca juga: Menlu Gabon, Michael Moussa Adamo Meninggal Dunia karena Serangan Jantung saat Rapat Kabinet

"Ia meninggal tepat setelah waktu memasuki siang hari, meskipun ada upaya yang dilakukan para dokter spesialis untuk menyelamatkan hidupnya," jelas sumber tersebut.

Presiden Bongo berduka atas kematian Adamo.

BERITA TERKAIT

Ia mengucapkan belasungkawanya di Twitter dan menggambarkannya sebagai 'seorang diplomat yang sangat hebat, seorang negarawan sejati'.

"Ia Menteri Luar Negeri yang juga menjadi seorang teman yang setia dan selalu dapat diandalkan," kata Bongo.

Adamo yang wafat pada usia 62 tahun itu telah bekerja sama dengan Bongo selama lebih dari dua dekade.

Ia sebelumnya diangkat menjadi Kepala Staf Bongo, menjadi Menteri Pertahanan Gabon pada tahun 2000, kemudian menjadi Penasehat Khusus Presiden setelah Pemilihan Umum pada 2009.

Adamo kemudian menjabat sebagai Futa Besar Gabon untuk AS pada 2010 hingga 2020, lalu menjadi Menteri Pertahanan pada 2020 hingga 2022, dan Menteri Luar Negeri sejak Maret 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas