Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Jumlah Korban Gempa Turki Mencapai 5109 Korban Jiwa, 26000 Orang Lainnya Luka-luka

Jumlah korban tewas akibat bencana gempa di Turki telah meningkat menjadi 5109 korban jiwa dan lebih dari 26.000 luka-luka.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Update Jumlah Korban Gempa Turki Mencapai 5109 Korban Jiwa, 26000 Orang Lainnya Luka-luka
AFP/OMAR HAJ KADOUR
Pemandangan dari udara ini menunjukkan penduduk mencari korban dan penyintas di tengah puing-puing bangunan yang runtuh setelah gempa bumi di desa Besnia dekat Harim, di provinsi Idlib barat laut yang dikuasai pemberontak Suriah di perbatasan dengan Turki, pada 6 Februari 2022. - Ratusan orang dilaporkan tewas di Suriah utara setelah gempa berkekuatan 7,8 yang berasal dari Turki dan dirasakan di seluruh negara tetangga. (Photo by Omar HAJ KADOUR / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM- Jumlah korban tewas akibat bencana gempa di Turki telah meningkat menjadi 5109 korban jiwa dan lebih dari 26.000 luka-luka hingga saat ini, Selasa (7/2/2023).

Diperkirakan jumlah itu masih akan terus bertambah mengingat kondisi korban yang banyak terkubur dalam bangunan.

Kondisi cuaca dingin menjadi tantangan yang harus dihadapi para korban gempa Turki.




Dikutip dari AFP, Tim penyelamat di Turki dan Suriah menghadapi cuaca dingin, gempa susulan, dan bangunan yang runtuh pada Selasa.

Saat mereka menggali korban selamat yang terkubur gempa yang menewaskan lebih dari 5.000 orang.

Beberapa ribu bangunan ambruk di kota-kota di seluruh wilayah tampak seperti daerah yang sudah dilanda perang.

Sepanjang malam, sebagian yang selamat menggunakan tangan kosong - mencoba menyelamatkan keluarga, teman, dan siapa pun yang tidur di dalam ketika gempa besar pertama berkekuatan 7,8 melanda Senin pagi.

BERITA TERKAIT

"Di mana ibuku?" tanya seorang gadis berusia tujuh tahun yang putus asa yang ditarik - wajah, rambut, dan piyamanya tertutup debu - dari sebuah bangunan yang runtuh di Hatay, di sisi perbatasan Turki.

Beberapa kehancuran terparah terjadi di dekat pusat gempa antara Kahramanmaras dan Gaziantep.

Sebuah kota berpenduduk dua juta jiwa di mana seluruh blok sekarang menjadi reruntuhan di bawah salju yang menumpuk.

Ketika penduduk mencoba untuk membersihkan tumpukan batu, eternit, dan furnitur yang merupakan bangunan bertingkat, yang lain runtuh di dekatnya - membuat orang banyak berteriak dan berteriak-teriak meminta keselamatan.

Dengan gempa susulan yang mengguncang daerah itu, banyak korban selamat yang ketakutan dan kelelahan menghabiskan malam di luar rumah, dan takut untuk pulang.

Tidak Bisa Pulang

Beberapa meringkuk di bawah halte bus, beberapa membungkus diri dengan plastik untuk menahan hujan yang membekukan dan yang lainnya membakar puing-puing agar tetap hangat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas