Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemimpin Wagner Rusia Akui Bentuk IRA untuk Intervensi Pemilu AS dan Cegah Propaganda Barat

Pemimpin Wagner Rusia akui bentuk IRA demi cegah propaganda Barat yang anti-Rusia. Sebelumnya, IRA pernah mengintervensi Pemilu Presiden AS pada 2016.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Pemimpin Wagner Rusia Akui Bentuk IRA untuk Intervensi Pemilu AS dan Cegah Propaganda Barat
Twitter
Wagner Rusia berusaha menjelaskan kegagalan kelompoknya untuk merebut kota Bakhmut, Ukraina timur, yang selama berbulan-bulan. Yevgeny Prigozhin mengatakan bahwa ada benteng di setiap rumah di Bakhmut. - Yevgeny Prigozhin akui membentuk IRA untuk mengintervensi pemilu AS tahun 2016, saat Donald Trump menang dalam pemilu Presiden. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala perusahaan militer swasta Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin, mengakui telah mendirikan Internet Research Agency (IRA).

IRA adalah sebuah peternakan troll terkenal yang telah ikut campur dalam pemilihan Amerika Serikat (AS).

"Saya tidak pernah hanya menjadi pemodal Badan Riset Internet (IRA). Saya menciptakannya, saya membuatnya, saya menjalankannya untuk waktu yang lama," kata Prigozhin, Selasa (14/2/2023).

Ia mengakui telah mengatur IRA untuk melindungi ruang informasi Rusia dari propaganda Anti-Rusia dan agresif oleh Barat.

IRA diketahui berbasis di St. Petersburg, yang telah menjadi organisasi bayangan, dikutip dari The Moscow Times.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina: Pemimpin NATO Bertemu di Brussels - Wagner Buat Kemajuan di Sekitar Bakhmut

Menurut FBI, IRA melakukan kampanye disinformasi besar-besaran untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden AS pada tahun 2016.

Pada Februari 2021, FBI mengumumkan sedang mencari Prigozhin atas dugaan konspirasi untuk menipu Amerika Serikat, mencampuri urusan dalam negeri AS.

BERITA REKOMENDASI

FBI menawarkan hadiah uang tunai hingga $250.000 untuk informasi yang dapat mengarah pada penangkapan Yevgeny Prigozhin.

"Saya bereaksi dengan senang hati," kata Prigozhin dalam pernyataannya di Telegram.

Departemen Keuangan AS memberikan sanksi kepada IRA pada tahun 2018, dikutip dari CNN Internasional.

Mantan Presiden AS Donald Trump mengacungkan tinjunya saat berjalan ke sebuah kendaraan di luar Trump Tower di New York City pada 10 Agustus 2022. - Donald Trump pada Rabu menolak menjawab pertanyaan di bawah sumpah di New York atas dugaan penipuan di bisnis keluarganya, karena tekanan hukum menumpuk untuk mantan presiden yang rumahnya digerebek oleh FBI hanya dua hari yang lalu.
 (Photo by STRINGER / AFP)
Donald Trump adalah Presiden yang menang dalam pemilu 2016 di AS - Mantan Presiden AS Donald Trump mengacungkan tinjunya saat berjalan ke sebuah kendaraan di luar Trump Tower di New York City pada 10 Agustus 2022. - Donald Trump pada Rabu menolak menjawab pertanyaan di bawah sumpah di New York atas dugaan penipuan di bisnis keluarganya, karena tekanan hukum menumpuk untuk mantan presiden yang rumahnya digerebek oleh FBI hanya dua hari yang lalu. (Photo by STRINGER / AFP) (AFP/STRINGER)

Baca juga: Vladimir Putin Dilaporkan Tarik Pasukan Grup Wagner dari Ukraina, Khawatir Kremlin akan Dikudeta

AS menuduh IRA telah menciptakan dan mengelola sejumlah besar persona online palsu yang menyamar sebagai orang AS yang sah untuk memasukkan organisasi akar rumput, kelompok kepentingan, dan partai politik negara bagian di media sosial.

“Melalui kegiatan ini, IRA memposting ribuan iklan yang menjangkau jutaan orang secara online," kata Departemen Keuangan AS.

Selain itu, IRA juga mengorganisir dan mengoordinasikan demonstrasi politik menjelang pemilu 2016, sambil menyembunyikan identitas Rusia-nya.

Selanjutnya, IRA secara tidak sah menggunakan informasi identitas pribadi dari orang-orang AS untuk membuka rekening keuangan guna membantu mendanai operasi IRA.

Pengusaha Yevgeny Prigozhin menunjukkan kepada Vladimir Putin pabrik makan siang sekolahnya di luar Saint Petersburg pada tanggal 20 September 2010.
Pengusaha Yevgeny Prigozhin menunjukkan kepada Vladimir Putin pabrik makan siang sekolahnya di luar Saint Petersburg pada tanggal 20 September 2010. (ALEXEY DRUZHININ / SPUTNIK / AFP)

Baca juga: Rusia Libatkan 300 Prajuritnya untuk Evakuasi Korban Gempa Bumi di Suriah

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas