Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

6 Balon Mata-mata Rusia Ditembak Jatuh di Kota Kyiv Ukraina, Disebut Gantikan Drone Pengintai

6 balon mata-mata Rusia ditembak jatuh di Kota Kyiv, Ukraina. Balon-balon itu disebut gantikan drone pengintai untuk menjaga stok yang menipis.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in 6 Balon Mata-mata Rusia Ditembak Jatuh di Kota Kyiv Ukraina, Disebut Gantikan Drone Pengintai
Twitter/The Military Watch
Penampakan balon Rusia yang diduga sebagai balon mata-mata. Angkatan Udara Ukraina menembak enam balon Rusia yang terbang di langit Kota Kyiv pada Rabu (15/2/2023) setelah sirene serangan berbunyi. 

TRIBUNNEWS.COM - Angkatan Udara Ukraina menembak jatuh enam balon Rusia yang diduga sebagai balon mata-mata pada Rabu (15/2/2023).

Balon-balon itu membawa reflektor sudut dan peralatan pengintaian, namun Ukraina tidak menyebutkan kapan mereka terbang di langit Kyiv.

Namun, sirene serangan udara berbunyi di Kyiv pada hari Rabu karena balon terbang di atas kota.

“Menurut informasi yang sekarang sedang diklarifikasi, ini adalah balon yang bergerak di udara di bawah dorongan angin,” tulis Administrasi Militer Ukraina di aplikasi perpesanan Telegram.

“Tujuan peluncuran balon mungkin untuk mendeteksi dan melemahkan pertahanan udara kita,” lanjutnya, dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Ribuan Anak-anak Ukraina Ditahan Rusia di Kamp Krimea, Peneliti: Kejahatan Perang

Rusia Disebut Pertahankan Stok Drone Pengintai

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yuriy Ihnat, mengatakan Rusia kemungkinan menggunakan balon dalam upaya baru untuk mempertahankan stok drone pengintainya.

BERITA TERKAIT

“Drone pengintai seperti Orlan-10 sekarang lebih jarang digunakan oleh Rusia, dan mereka berpikir, 'Mengapa kita tidak menggunakan balon ini?' Jadi mereka menggunakannya,” kata Ihnat kepada televisi Ukraina.

Ihnat menyampaikan saran administrasi militer dalam tayangan berita itu.

Rusia, katanya, dapat menggunakan balon untuk mengalihkan perhatian pertahanan udara Ukraina.

Penampakan balon Rusia yang diduga sebagai balon mata-mata. Angkatan Udara Ukraina menembak enam balon Rusia yang terbang di langit Kota Kyiv pada Rabu (15/2/2023) setelah sirene serangan berbunyi.
Penampakan serpihan balon Rusia yang diduga sebagai balon mata-mata. Angkatan Udara Ukraina menembak enam balon Rusia yang terbang di langit Kota Kyiv pada Rabu (15/2/2023) setelah sirene serangan berbunyi. (Twitter/The Military Watch)

Baca juga: AS Cegat Aksi Manuver Empat Pesawat Tempur Rusia di Atas Alaska

"Musuh ingin kita menggunakan pertahanan udara kita, yang melindungi objek strategis kita, pada balon-balon ini, tanpa biaya apa pun," kata Ihnat.

Militer Ukraina mengatakan balon yang ditembak jatuh tampaknya membawa reflektor sudut dan peralatan pengintaian.

“Menurut informasi yang sekarang sedang diklarifikasi, ini adalah balon yang bergerak di udara di bawah dorongan angin,” tulis administrasi militer, dikutip dari The New York Post.

Balon Mata-mata Rusia di Moldova

Presiden Moldova, Maia Sandu, saat berpidato di hari peringatan Holocaust di Moldova pada 27 Januari 2023.
Presiden Moldova, Maia Sandu, saat berpidato di hari peringatan Holocaust di Moldova pada 27 Januari 2023. (Twitter/Maia Sandu)

Baca juga: Presiden Maia Sandu Tuduh Rusia Rencanakan Kudeta di Moldova Lewat Intel Militer

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas