Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gempa Turki-Suriah, Presiden Erdogan akan Bangun 200.000 Rumah, Rekonstruksi Dimulai Maret 2023

Erdogan mengatakan pekerjaan rekonstruksi akan dimulai pada bulan Maret untuk membangun 199.739 rumah di provinsi yang terkena dampak.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Gempa Turki-Suriah, Presiden Erdogan akan Bangun 200.000 Rumah, Rekonstruksi Dimulai Maret 2023
ILYAS AKENGIN/AFP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada pers selama kunjungannya ke kota Diyarbakir, Turki tenggara yang paling terpukul, lima hari setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda wilayah perbatasan Turki dan Suriah, pada 11 Februari 2023. Bencana dan kemarahan yang diakibatkannya tentang bagaimana pemerintah Turki menanganinya, datang hanya beberapa bulan sebelum pemilihan presiden pada bulan Juni. Erdogan mengakui untuk pertama kalinya pada 10 Februari 2023 bahwa pemerintahnya tidak dapat menjangkau dan membantu para korban "secepat yang kami inginkan". 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan Ankara akan membangun hampir 200.000 rumah baru di wilayah tenggara negara itu.

Dikutip Al Jazeera, Erdogan berjanji akan memulai pekerjaan rekonstruksi pada Maret 2023.

“Tidak satu pun dari gedung-gedung ini yang tingginya lebih dari tiga atau empat lantai,” janjinya.




Dikatakan, pemerintah berencana untuk membangun 199.739 rumah di provinsi yang terkena dampak.

Gempa susulan

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan delapan orang terluka dalam gempa susulan berkekuatan 6,4 SR itu pada Senin (20/2/2023) pukul 20:04 waktu setempat.

Baca juga: Gempa Turki: Apartemen mewah hancur jadi debu, setelah kekhawatiran soal keamanan bangunan disuarakan sejak sebelum gempa

“Kami memiliki delapan orang yang terluka dibawa ke rumah sakit,” katanya sambil meminta orang-orang di wilayah tersebut untuk tidak memasuki gedung yang rusak.

BERITA TERKAIT

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, setidaknya tiga orang tewas dan 213 lainnya luka-luka dalam dua gempa bumi baru di Turki selatan.

Video gempa susulan

Satu di antara gedung yang roboh setelah gempa malam tadi itu terekam kamera seperti yang diunggah oleh akun Twitter Rudawkurdish.

Kepulan debu pekat tampak dari bawah gedung yang ambruk tersebut.

Baca juga: Gempa Turki-Suriah, Tim Penyelamat Rawat Hewan yang Selamat dari Reruntuhan Bangunan

"Bangunan runtuh dan semua orang berteriak: Tim Rudaw di Hatay merekam momen gempa," tulisnya.

Baca juga: Gempa Turki: Apartemen mewah hancur jadi debu, setelah kekhawatiran soal keamanan bangunan disuarakan sejak sebelum gempa

GUNCANGAN GEMPA- Momen guncangan gempa saat Turki diguncang gempa lagi tadi malam, Senin (20/2/2023). Beberapa video viral di media sosial memperlihatkan momen ketika gempa terjadi pada Senin 20 Februari, Pukul 20:04. Di antaranya adalah video momen gempa yang dibagikan oleh akun Twitter Rudawkurdish.
GUNCANGAN GEMPA- Momen guncangan gempa saat Turki diguncang gempa lagi tadi malam, Senin (20/2/2023). Beberapa video viral di media sosial memperlihatkan momen ketika gempa terjadi pada Senin 20 Februari, Pukul 20:04. Di antaranya adalah video momen gempa yang dibagikan oleh akun Twitter Rudawkurdish. (Tangkapan layar Twitter/Rudawkurdish)

Momen video tersebut juga diunggah di Twitter aksakal_memet.

"Rekaman ini dari gempa bumi malam ini di Hatay di Turki selatan," tulisnya.

"Sangat disayangkan, lebih banyak bangunan yang runtuh dan ada orang di bawah reruntuhan, belum ada info detailnya. Pihak berwenang memanggil orang-orang untuk menjauh dari pantai laut," imbuhnya.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas