Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Asosiasi Perbankan Jepang Nyatakan Aman Sistem Keuangan Domestik Saat Ini

sistim keuangan domestik di Jepang saat ini dalam keadaan aman meskipun ada gejolak besar di perbankan Jepang baru-baru ini.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ketua Asosiasi Perbankan Jepang Nyatakan Aman Sistem Keuangan Domestik Saat Ini
NHK
Presiden  Asosiasi  Perbankan  Jepang Junichi Hanzawa 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Presiden Asosiasi Perbankan Jepang Junichi Hanzawa menegaskan sistem keuangan domestik di Jepang saat ini dalam keadaan aman meskipun ada gejolak besar di perbankan Jepang baru-baru ini.

"Berkenaan dengan kegagalan bank AS dan memburuknya kondisi bisnis perusahaan keuangan besar Swiss, kami menyatakan bahwa   tidak ada dampak pada sistem keuangan domestik pada saat ini," tegas Hanzawa kemarin malam (16/3/2023).

Selain itu Hanzawa juga menegaskan niatnya untuk memperhatikan perubahan lingkungan keuangan di masa depan.

Pada konferensi pers pada tanggal 16 Maret 2023, Hanzawa, ketua Asosiasi Perbankan Jepang, mengomentari kegagalan bank berturut-turut di Amerika Serikat, dengan mengatakan, "Selain masalah unik dari semua bank, seperti konsentrasi penggalangan dana dalam industri tertentu, otoritas keuangan AS telah mengumumkan perlindungan penuh deposito, dan pada titik ini, kami percaya bahwa risiko keuangan global jatuh ke dalam ketidakstabilan sistem yang kecil saja. Masih aman."

Mengenai memburuknya bisnis Credit Suisse, sebuah perusahaan keuangan besar Swiss, dia berkata, "Pasar bereaksi secara signifikan pada saat kegagalan sebuah bank di Amerika Serikat, tetapi sejak guncangan Lehman, lembaga keuangan global telah menekankan kepada manajemen risiko, dan lembaga keuangan Eropa umumnya cukup kuat. Hal yang sama berlaku untuk lembaga keuangan Jepang," katanya.

"Oleh karena itu tidak ada tanda-tanda dampak luas pada sistem keuangan domestik pada saat ini."

BERITA TERKAIT

"Lingkungan di sekitar pasar keuangan telah berubah secara signifikan, seperti perkembangan inflasi, suku bunga, dan risiko geopolitik, dan perlu terus mencermati hal-hal tersebut," katanya, mengindikasikan bahwa Perbankan Jepang akan mencermati perubahan kondisi keuangan di masa depan.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas