Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hilal Tak Terlihat, Awal Puasa Ramadan Muslim India dan Bangladesh Diundur ke Jumat, 24 Maret 2023

Komunitas Muslim di India saat ini mencapai sekitar 13 persen dari total 1,35 miliar penduduk India.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Hilal Tak Terlihat, Awal Puasa Ramadan Muslim India dan Bangladesh Diundur ke Jumat, 24 Maret 2023
DNA India
Organisasi ulama Islam di India Jamiat Ulama-e-Hind menetapkan awal puasa Ramadan jatuh pada hari Jumat (24/3/2023), tidak pada hari Kamis karena hilal belum nampak di negaranya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI – Organisasi ulama Islam di India Jamiat Ulama-e-Hind menetapkan awal puasa Ramadan jatuh pada hari Jumat (24/3/2023), tidak pada hari Kamis karena hilal belum nampak di negaranya.

Dikutip dari Hindus Times penetapan tersebut berbeda dengan negara mayoritas muslim lainnya. Ini terjadi lantaran bulan sabit atau Ramzat Chand tanda awal dimulainya puasa Ramadan tak terlihat di India sejak kemarin.

Alasan tersebut  yang membuat umat muslim India mengundur Ramadan pada Jumat besok.

“Komite Markazi Chand Lucknow telah mengumumkan bahwa bulan sabit Ramadan 2023 belum terlihat pada 22 Maret malam. Oleh karena itu, puasa pertama Ramadan tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret.” jelas pres rilis Jamiat Ulama-e-Hind.

Komunitas Muslim di India saat ini mencapai sekitar 13 persen dari total 1,35 miliar penduduk India.

Meski jumlah tersebut tak sebanyak negara – negara mayoritas muslim lainnya, namun hal itu tak menyurutkan antusias masyarakat Islam di India dalam menyambut bulan suci Ramadan.

BERITA TERKAIT

Selain India, penundaan puasa juga dilakukan Bangladesh.

Keputusan tersebut diambil usai yayasan Islam Bangladesh serta Menteri Negara Urusan Agama, Md Faridul Haque Khan mengumumkan bahwa mereka tidak melihat penampakan bulan sabit Ramadan 2023.

Baca juga: MUI Bersyukur Awal Puasa Dimulai Serempak pada 23 Maret 2023

Biasanya, bulan sabit Ramadan akan terlihat  usai posisi bulan bertepatan dengan 29 Sya'ban 1444 Hijriyah. Namun dalam konferensi Masjid Nasional Baitul Mukarram yang digelar Rabu kemarin.

Baca juga: Presiden Joe Biden Ucapkan Selamat Ramadan, Tak Singgung Muslim Palestina

Khan menjelaskan bulan sabit di negaranya sama sekali tidak menunjukan penampakan. Alasan ini yang membuat kementrian urusan Agama Bangladesh memutuskan untuk menunda puasa umat muslim di negaranya.

Baca juga: Awal Puasa, Pedagang Keluhkan Mahalnya Harga Bahan Pokok 

Sementara itu untuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris dan beberapa negara mayoritas Muslim, termasuk Indonesia, resmi menjalankan puasa Ramadan 2023 selama 30 hari kedepan dimulai pada pada Rabu malam hingga 22 April 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas