Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kekerasan Terus Terjadi di Sudan Meski ada Gencatan Senjata, 61 Tewas Termasuk Pekerja PBB

Warga Sudan terus melihat kekerasan terjadi meski sudah disetujui gencatan senjata selama 3 jam untuk membuka jalur evakuasi dan kemanusiaan.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: bunga pradipta p
zoom-in Kekerasan Terus Terjadi di Sudan Meski ada Gencatan Senjata, 61 Tewas Termasuk Pekerja PBB
AFP
Warga Sudan menyapa tentara, yang setia kepada panglima militer Abdel Fattah al-Burhan, di kota Laut Merah Port Sudan pada 16 April 2023. Warga Sudan terus melihat kekerasan terjadi meski sudah disetujui gencatan senjata selama 3 jam untuk membuka jalur evakuasi dan kemanusiaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Pertempuran terus berkecamuk di ibu kota Sudan pada hari Minggu (16/4/2023) meski sudah disepakati adanya gencatan senjata kemanusiaan selama tiga jam.

Dilansir Daily Mail, dua pihak yang bertikai, Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan kelompok paramiliter Rapid Support Forces (RSF) sebelumnya setuju untuk melakukan gencatan senjata.

Pertempuran akan dihentikan setiap hari antara pukul 16:00 dan 19:00 mulai Minggu.

Rencana gencatan senjata tersebut bertujuan dilakukannya evakuasi warga yang terluka dan memberikan bantuan vital ke tempat yang paling membutuhkan.

Gencatan senjata diusulkan oleh PBB setelah tiga stafnya menjadi korban.

Setidaknya 61 warga sipil termasuk tiga staf PBB tewas sejak Sabtu, membuat Program Pangan Dunia PBB untuk sementara menghentikan operasi.

Baca juga: Mengenal RSF, Pasukan Paramiliter yang Lawan Tentara Sudan hingga Terjadi Perang Saudara

Kedua belah pihak yang bertikai mendukung perjanjian perdamaian bergulir yang diusulkan PBB, tetapi para saksi melaporkan kekerasan terus berlanjut.

BERITA TERKAIT

Tank-tank berjalan melalui ibu kota Khartoum dan jet berterbangan saat pemerintah tampaknya mengambil alih kota.

Tahani Abass, seorang aktivis HAM terkemuka, mengatakan 'pertempuran belum berhenti' dari rumah keluarganya yang dekat dengan markas militer.

"Mereka menembak satu sama lain di jalan-jalan."

"Ini perang habis-habisan di daerah pemukiman," katanya.

Setidaknya 670 orang dilaporkan terluka pada Minggu malam.

Latar Belakang Konflik

Masih mengutip Daily Mail, konflik di Sudan terjadi adalah antara Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) milik pemerintah dan paramiliter Rapid Support Forces (RSF), milisi yang sebelumnya digunakan pemerintah untuk mengatasi konflik di dalam dan luar negeri.

Komandan paramiliter RSF Sudan, Jenderal Mohamed Hamdan Daglo atau Hemedti (kiri) dan Panglima Angkatan Darat Sudan Abdel Fattah al-Burhan
Komandan paramiliter RSF Sudan, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo atau Hemedti (kiri) dan Panglima Angkatan Darat Sudan (SAF) Abdel Fattah al-Burhan (ASHRAF SHAZLY / AFP)

Baca juga: Apa yang Terjadi di Sudan? Ini Fakta-fakta Pertempuran antara Tentara Reguler dengan Paramiliter

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas