Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Idul Fitri di Iran: Murid-murid SD Patungan untuk Bebaskan Ibu Teman Mereka yang Dipenjara

Bersama para pejabat, anak-anak SD menyumbangkan uang mereka untuk membebaskan ibu teman sekelas yang dipenjara.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Idul Fitri di Iran: Murid-murid SD Patungan untuk Bebaskan Ibu Teman Mereka yang Dipenjara
IRNA
Siswa sekolah di Shiraz berkumpul pada tanggal 21 April 2023 untuk menyumbangkan tabungan mereka untuk membebaskan ibu teman sekelasnya yang dipenjara karena gagal membayar utangnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekelompok siswa sekolah dasar di Kota Shiraz, di provinsi barat daya Fars, Iran menyumbangkan uang tabungan mereka untuk membebaskan ibu teman sekelasnya yang dipenjara karena utang.

Dilansir presstv.ir, cerita bermula ketika pengelola SD Mi'ad Imam Reza mengetahui bahwa seorang ibu, yang merupakan satu-satunya tulang punggung keluarganya, dipenjara akibat pinjaman yang tak terbayar.

Ibu tersebut tidak dapat membayar utangnya setelah bisnisnya bangkrut.




Ia kemudian dijebloskan ke penjara sementara anak-anaknya diserahkan ke panti asuhan.

Tergerak oleh situasi yang sulit, para siswa dan juga pejabat setempat memutuskan untuk meluncurkan kampanye untuk membebaskan ibu tersebut.

Siswa diberi puluhan kotak uang tanah liat sebelum liburan Nowruz untuk menyimpan hadiah uang tunai Tahun Baru, yang biasanya diterima anak-anak selama perayaan, dengan tujuan yang baik.

Baca juga: Gencatan Senjata Disetujui, Pertempuran di Sudan Mereda di Hari Pertama Idul Fitri

Pada hari Jumat (21/4/2023), para siswa membawa kotak mereka ke sekolah dan memecahkannya dalam sebuah acara yang juga dihadiri oleh pejabat provinsi.

BERITA TERKAIT

Uang yang terkumpul di akhir acara rupanya melebihi utang ibu tersebut dan bahkan dapat membebaskan satu ibu lagi yang dipenjara, menurut penyelenggara.

Berbicara saat acara, seorang pejabat pengadilan Provinsi Fars menyatakan penyesalan atas pemenjaraan para ibu yang terkadang harus membesarkan anak-anak mereka di dalam penjara.

Ali Momen Hosseinpur memuji kampanye para siswa tersebut.

“Saat ini ada ibu-ibu yang dipenjara selama 10 tahun karena utang dan anak-anaknya menghadapi berbagai masalah dan kesengsaraan,” ujarnya.

'Tugas agama'

Foto itu menunjukkan kotak uang siswa di sebuah sekolah di Shiraz yang disumbangkan untuk membebaskan ibu teman sekelas mereka yang dipenjara karena gagal melunasi utangnya.
Foto itu menunjukkan kotak uang siswa di sebuah sekolah di Shiraz yang disumbangkan untuk membebaskan ibu teman sekelas mereka yang dipenjara karena gagal melunasi utangnya. (IRNA)

Baca juga: Suasana Lebaran di Inggris: Sholat Idul Fitri di Taman Small Heath Dibatalkan karena Hujan Lebat

Tindakan amal tersebut dilakukan ketika umat Islam baru saja menyelesaikan puasa bulan Ramadhan, dan mulai merayakan Idul Fitri.

Alireza Shadbash, seorang pejabat Departemen Pendidikan provinsi, juga berpidato pada acara tersebut.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas