Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rudal Iskander Hancurkan 60-an 'Legiun Georgia', Diburu Sejak Bantai Tentara Rusia yang Menyerah

Angkatan bersenjata Rusia berhasil menghapus puluhan tentara bayaran asal Georgia kota Konstantinovka yang dikuasai Ukraina di Republik Rakyat Donetsk

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rudal Iskander Hancurkan 60-an 'Legiun Georgia', Diburu Sejak Bantai Tentara Rusia yang Menyerah
YouTube
Rudal Iskander 9K720 ISKANDER-M Rusia 

TRIBUNNEWS.COM -- Angkatan bersenjata Rusia berhasil menghapus puluhan tentara bayaran asal Georgia kota Konstantinovka yang dikuasai Ukraina di Republik Rakyat Donetsk Rusia.

Tentara bayaran tersebut tewas setelah dihantam dengan rudal Iskander Rusia pada Senin kemarin.

Rusia memburu mereka karena pasukan bayaran tersebut diklaim bertanggungjawab atas pembantaian belasan tentara Rusia yang telah menyerah.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-426 Invasi: Moskow Berada dalam Posisi Bertahan di Semua Wilayah




Dikabarkan oleh Russia Today, 60-an anggota yang disebut 'Legiun Georgia' tewas dan 15 kendaraan militer hancur dalam serangan itu, sementara 20 tentara bayaran lainnya terluka parah.

Juru bicara kementerian, Letnan Jenderal Igor Konashenkov mengatakan, serangan itu, dilakukan dengan menggunakan sistem rudal balistik jarak pendek Iskander.

Rudal menargetkan sebuah perpustakaan di Konstantinovka, yang digunakan pejuang asing untuk menampung dan menyimpan amunisi.

“Para militan Legiun Georgia yang tersingkir terlibat dalam penyiksaan brutal dan pembunuhan prajurit Rusia di dekat Kiev pada Maret tahun lalu,” kata Konashenkov.

BERITA TERKAIT

Militer Rusia memiliki data setiap tentara bayaran asing yang terkait dengan pembunuhan tawanan perang Rusia, kata juru bicara itu.

“Setiap orang dari mereka akan mendapatkan retribusi yang layak mereka terima,” tambahnya.

Pada awal April tahun lalu, sebuah video mengerikan muncul secara online, yang konon menunjukkan pasukan Ukraina mengeksekusi seorang tentara Rusia yang terluka sementara mayat beberapa tawanan perang lainnya tergeletak di genangan darah di dekatnya.

Baca juga: Pasukan Rusia dan Tentara Bayaran Wagner Dilaporkan Saling Tembak, Ada Korban Tewas di Kedua Sisi

Setidaknya salah satu pasukan dalam rekaman itu tangannya diikat ke belakang, dan tampaknya ditembak di kepala dari jarak dekat.

The New York Times mengonfirmasi keaslian klip tersebut, dengan mengatakan bahwa klip tersebut direkam pada 30 Maret di sebuah desa dekat Kiev.

Kantor berita Ukraina UNIAN membagikan video dari lokasi eksekusi di media sosial dengan judul: "Legiun Georgia membantu orang Ukraina membersihkan Wilayah Kiev."

Salah satu anggota Legiun Georgia, yang diidentifikasi di antara pasukan Kiev yang ditampilkan dalam rekaman, telah memberikan wawancara beberapa hari setelah insiden tersebut, bersumpah bahwa unitnya tidak akan mengambil tahanan Rusia mana pun.

Komite Investigasi Rusia telah meluncurkan kasus pidana atas eksekusi tersebut, mengatakan pasukan Ukraina telah "melakukan pelanggaran berat terhadap Konvensi Jenewa tentang Tahanan Perang."

Moskow memperkirakan tahun lalu bahwa setidaknya 350 warga dari bekas republik Soviet Georgia telah berperang di pihak Ukraina selama konflik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas