Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ancam Korea Utara, AS akan Kirim Kapal Selam dengan Rudal Balistik ke Korea Selatan

Amerika Serikat mengirim kapal selam dengan rudal balistik ke Korea Selatan untuk menghadapi ancaman Korea Utara. AS dan Korsel sahkan perjanjian.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Daryono
zoom-in Ancam Korea Utara, AS akan Kirim Kapal Selam dengan Rudal Balistik ke Korea Selatan
POTUS
Presiden AS, Joe Biden dan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol menandatangani Deklarasi Washington di Gedung Putih pada Rabu (26/4/2023). Deklarasi itu berisi peningkatan kerja sama militer, termasuk pengiriman kapal selam dengan rudal balistik untuk antisipasi ancaman Korea Utara. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan kapal selam yang dipersenjatai dengan rudal balistik nuklir ke Korea Selatan.

Pengiriman kapal selam AS ini dimaksudkan untuk mencegah Korea Utara melakukan uji coba rudal lebih lanjut.

Pengerahan itu juga kemungkinan ditujukan untuk meyakinkan publik Korea Selatan, yang baru-baru ini mengetahui AS secara sistematis memata-matai pemerintah mereka.

Rencana itu diumumkan secara resmi oleh Presiden AS, Joe Biden dan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, di Gedung Putih pada Rabu (26/4/2023), dikutip dari The Telegraph.

Kedua Presiden itu menandatangani perjanjian yang dikenal sebagai 'Deklarasi Washington,' di mana mereka akan meningkatkan pembagian intelijen dan latihan militer bersama.

“Dengar, serangan nuklir oleh Korea Utara terhadap Amerika Serikat, sekutu atau partisannya — mitra — tidak dapat diterima dan akan mengakibatkan berakhirnya rezim apa pun yang mengambil tindakan seperti itu,” kata Joe Biden dalam konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih, Washington, AS.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Janji Lindungi Korea Selatan dari Serangan Nuklir Korut

Deklarasi Washington, tidak akan melibatkan AS yang mengerahkan senjata nuklir ke Selatan, seperti yang terjadi selama Perang Dingin.

BERITA TERKAIT

Sebaliknya AS akan meningkatkan jumlah aset militer yang dikirimkannya ke negara itu untuk sementara waktu, seperti kapal selam dan pembom bersenjata nuklir, dikutip dari NBC News.

“Kami bermaksud mengambil langkah-langkah untuk membuat pencegahan kami lebih terlihat melalui pengerahan aset strategis secara reguler, termasuk kunjungan kapal selam balistik nuklir AS ke Korea Selatan, yang tidak pernah terjadi sejak awal 1980-an,” kata salah satu pejabat anonim Washington.

Mereka membandingkan langkah tersebut dengan hal yang mereka lakukan dengan sekutu Eropa selama puncak Perang Dingin di periode yang sama dengan potensi ancaman eksternal, yang mengacu pada program misil utara.

Rencana untuk merapat kapal selam rudal balistik di Korea Selatan, yang belum pernah terjadi sejak 1980-an.

Presiden AS, Joe Biden dan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol menghadiri konferensi pers setelah penandatanganan Deklarasi Washington di Gedung Putih, AS, pada Rabu (26/4/2023). AS berkomitmen untuk mengirim kapal selam bersenjata rudal balistik ke Korea Selatan untuk mengantisipasi ancaman Korea Utara.
Presiden AS, Joe Biden dan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol menghadiri konferensi pers setelah penandatanganan Deklarasi Washington di Gedung Putih, AS, pada Rabu (26/4/2023). AS berkomitmen untuk mengirim kapal selam bersenjata rudal balistik ke Korea Selatan untuk mengantisipasi ancaman Korea Utara. (POTUS)

Baca juga: Joe Biden dan Kamala Harris Resmi akan Maju Pilpres AS Tahun 2024

Ancaman Korea Utara

Korea Utara telah menguji coba lebih dari 100 rudal sejak awal 2022.

Pada April 2023, Korea Utara menguji rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat pertama dan drone serangan bawah air berkemampuan nuklir.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas