Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Serang Tentara Bayaran Ukraina di Kharkiv dan Luncurkan Rudal di Sejumlah Kota

Rusia serang tentara bayaran asing untuk Ukraina di Kharkiv dan luncurkan rudal di sejumlah wilayah Ukraina pada hari ini, Senin (8/5/2023).

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Rusia Serang Tentara Bayaran Ukraina di Kharkiv dan Luncurkan Rudal di Sejumlah Kota
Yasuyoshi CHIBA / AFP
Peluncur roket ganda BM-21 'Grad' menembaki posisi Rusia di wilayah Kharkiv pada 4 Oktober 2022. - Rusia menyerang tentara bayaran Ukraina di Kharkiv. Rusia juga meluncurkan rudal di sejumlah kota pada Minggu (7/5/2023) hingga hari ini Senin (8/5/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Rusia mengklaim pesawat Su-34 telah menyerang titik penempatan tentara bayaran asing di Kharkiv dengan bom berpemandu pada Senin (8/5/2023).

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, mengatakan kru pembom Rusia menggunakan modul universal untuk melakukan serangan.

“Kru pembom tempur Su-34, menggunakan modul universal untuk merencanakan dan mengoreksi bom udara, menyerang titik penempatan sementara tentara bayaran asing di dekat desa Ivanovka (Ivanivka),” kata juru bicara itu.

Sementara itu, di arah Kupyansk, pasukan Rusia telah menemukan dan menghancurkan dua kelompok pengintai sabotase Ukraina dan menggagalkan tiga upaya rotasi Ukraina.

Sebuah kendaraan tempur dari sistem rudal anti-pesawat Osa juga dihancurkan menggunakan amunisi presisi Lancet di dekat desa Velykyi Burluk.

Baca juga: Jelang Victory Day Uni Soviet, Rusia Cemas soal Keamanan saat Parade 9 Mei 2023

Tank Howitzer self-propelled Akatsiya yang digunakan oleh pasukan Ukraina juga dihancurkan oleh pasukan Rusia, dikutip dari Sputnik.

Sebelumnya, Rusia meluncurkan serangan rudal ke Balaklia di distrik Izium, Kharkiv.

BERITA REKOMENDASI

Ukraina memperkirakan, Rusia menggunakan sistem S-300.

“Musuh melancarkan serangan rudal ke kota Balaklia, distrik Izium. Menurut laporan tentatif, rudal S-300 menghantam wilayah salah satu tempat parkir,” kata Syniehubov, kepala Administrasi Militer Regional Kharkiv, Minggu (7/5/2023) dikutip dari UK Inform.

Tank pasukan Ukraina setelah menembakkan artileri ke pasukan Rusia di garis depan. Foto tak bertanggal ini disediakan oleh Staff Umum Angkatan Darat Ukraina dan dipublikasikan pada Senin (8/5/2023).
Tank pasukan Ukraina setelah menembakkan artileri ke pasukan Rusia di garis depan. Foto tak bertanggal ini disediakan oleh Staff Umum Angkatan Darat Ukraina dan dipublikasikan pada Senin (8/5/2023). (General Staff of the Armed Forces of Ukraine)

Baca juga: Rusia Janji akan Pasok Senjata, Wagner Batal Mundur dari Bakhmut Ukraina

Lima warga sipil terluka akibat serangan itu dan petugas medis dikerahkan pada hari itu.

Dua wanita berusia 75 tahun dan seorang wanita berusia 50 tahun menderita luka ledakan. Dua pria, berusia 20 dan 85 tahun, mengalami luka yang relatif ringan.

Rusia telah mengintensifkan serangan di sejumlah wilayah Ukraina.

Garis depan yang terkena serangan di antaranya distrik Kharkiv, Chuhuyiv, dan Kupiansk.

Kondisi Kherson, Ukraina, setelah serangan Rusia pada Rabu (3/5/2023). 21 orang tewas dan 48 lainnya terluka akibat serangan itu. Presiden Ukraina mengatakan, Rusia menargetkan stasiun kereta api dan persimpangan, rumah, toko perangkat keras, supermarket grosir, dan pom bensin.
Kondisi Kherson, Ukraina, setelah serangan Rusia pada Rabu (3/5/2023). 21 orang tewas dan 48 lainnya terluka akibat serangan itu. Presiden Ukraina mengatakan, Rusia menargetkan stasiun kereta api dan persimpangan, rumah, toko perangkat keras, supermarket grosir, dan pom bensin. (Telegram/Zelensky Official)

Baca juga: Diduga Pasok Peralatan Perang ke Rusia, Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Terhadap Tujuh Perusahaan China

Rusia Serang Kota-kota di Ukraina

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas