Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Tiba Jumat Pagi, Kijang Ikut Patroli Bersama Polisi di Lingkungan KTT G7 Hiroshima Kamis Ini

24.000 polisi dikerahkan berjaga sekitar lokasi pertemuan dan tak lupa kijang pun dengan damainya ikut berpatroli di belakang polisi di Miyajima

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jokowi Tiba Jumat Pagi, Kijang Ikut Patroli Bersama Polisi di Lingkungan KTT G7 Hiroshima Kamis Ini
Richard Susilo
Kijang dengan santai ikut berpatroli bersama (di belakang) dua polisi di Miyajima Hiroshima yang sengaja ditutup untuk pengamanan pertemuan KTT G7 di Hiroshima 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan tiba di Hiroshima besok pagi (19/5/2023).

Sementara 24.000 polisi dikerahkan berjaga sekitar lokasi pertemuan dan tak lupa kijang pun dengan damainya ikut berpatroli di belakang polisi di Miyajima Hiroshima.

Bukan hanya polisi sebanyak 24.000 orang saja, karena sepinya Miyajima Hiroshima semua toko harus ditutup, kijang pun dengan damai mengikuti polisi ber patroli di sekitarnya," ungkap sumber Tribunnews.com di kepolisian Jepang Kamis ini (18/5/2023) sambil tersenyum

Para pemimpin kelompok G7 sudah berdatangan hari ini termasuk Presiden AS Joe Biden sore ini (18/5/2023) khusus naik helikopter ke lokasi pertemuan KTT G7 dari bandara internasional Hiroshima dengan pesawat kepresidenannya Air Force 1.

Bahkan sudah melakukan pertemuan dua pihak dengan delegasi Jepang sore ini pula membicarakan persiapan pembicaraan di acara KTT G7 mulai besok sampai dengan 21 Mei mendatang.

Presiden Jokowi yang rencana tiba di Hiroshima Kamis ini dengan kesibukannya ternyata baru bisa besok Jumat pagi (19/5/2023) tiba di bandara internasional Hiroshima, ungkap sumber Tribunnews.com Kamis (18/5/2023).

BERITA TERKAIT

Pengamanan KTT G7 dengan menutup semua toko di sekitar lokasi pertemuan G7 termasuk lokasi gedung bersejarah museum gedung dan taman  perdamaian tempat peringatan jatuhnya bom atom, Miyajima semuanya di sterilkan demi pengamanan KTT G7.

Demikian pula fasilitas berikut  akan ditutup  seperti Kuil Itsukushima (Kuil Itsukushima, Kuil Hokoku [Senjokaku], Balai Harta Karun) Periode sampai dengan 20 Mei, sekitar pukul 14:00 dan juga Akuarium Umum Miyajima, Museum Sejarah dan Cerita Rakyat Miyajima, Pusat Kerajinan Tradisional Miyajima ditutup.

Loker tempat penyimpanan barang di semua fasilitas umum utama di Hiroshima dikunci tak bisa digunakan selama KTT G7.

Anjing pelacak kepolisian dikerahkan di semua tempat strategis terkait KTT G7 dan pasukan khusus laut banyak dikerahkan kali ini.

Radius 300 meter juga disterilkan dari lokasi pertemuan termasuk laut di sekitarnya. Lokasi pertemuan di sebuah pulau khusus yang hanya disambungkan oleh satu jembatan saja dari kota Hiroshima.

Lokasi KTT G7 di Grand Price Hotel Hiroshima di pulau Ujina yang dihubungkan hanya oleh Akatsukibashi atau Jembatan Akatsuki supaya bisa sampai ke tengah kota Hiroshima.

"Jepang melihat Indonesia sangat penting apalagi kini sebagai Pemimpin Asean. Itulah sebabnya kami undang dan berharap dapat semakin mengakrabkan jalinan hubungan Jepang dengan khususnya negara-negara Asean di masa mendatang," paparNoriyuki Shikata, Kepala Humas Sekretaris Kabinet PM Jepang khusus kepada Tribunnews.com, Jumat (12/5/2023).

KTT G7 di Hiroshima kali ini yang ke-7 kali dilakukan di Jepang.

Yang pertama kali tahun 1979 (Tokyo Summit), kedua kali tahun 1986 (Tokyo Summit), ketiga kali tahun 1993 (Tokyo Summit), keempat kali tahun 2000 (Kyushu-Okinawa Summit), kelima kali tahun 2008 (Hokkaido Toyako Summit),  dan ke enam kali tahun 2016 (Ise-Shima Summit). 

Jumlah personil polisi terbanyak selama sejarah KTT G7 di Jepang sebanyak 24.000 polisi dikerahkan.

Sebanyak 21.000 personel dalam KTT Hokkaido Toyako 2008, dan 23.000 dalam KTT Ise-Shima 2016.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas