Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Longsoran Salju di Pakistan Tewaskan 11 Orang, di Antaranya Termasuk 4 Wanita dan Balita Laki-laki

Sedikitnya 11 orang tewas setelah longsoran salju menghantam anggota suku nomaden saat melintasi daerah pegunungan di Pakistan utara.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Longsoran Salju di Pakistan Tewaskan 11 Orang, di Antaranya Termasuk 4 Wanita dan Balita Laki-laki
Abdul MAJEED/AFP
Foto udara yang diambil pada 10 Juni 2022 ini menunjukkan gletser Passu di dekat desa Passu di wilayah Gilgit-Baltistan, Pakistan. Pakistan adalah rumah bagi lebih dari 7.000 gletser, lebih banyak dari tempat lain di Bumi di luar kutub. Dalam artikel mengulas tentang longsoran salju menghantam anggota suku nomaden saat melintasi daerah pegunungan di Pakistan utara, mengakibatkan 11 orang tewas, Sabtu (28/5/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Sedikitnya 11 orang tewas setelah longsoran salju menghantam anggota suku nomaden saat melintasi daerah pegunungan di Pakistan utara, badan penanggulangan bencana Pakistan menerangkan.

Petugas polisi senior Ziarat Ali mengatakan kepada kantor berita The Associated Press, empat wanita dan seorang balita berusia empat tahun termasuk di antara para korban tewas.

Sementara, menurut laporan Foxla, 25 orang dari suku nomaden juga terluka.




"Insiden seperti itu meningkat di Pakistan karena dampak perubahan iklim," kata Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif dalam pernyataan, Sabtu (27/5/2023), dikutip dar Al Jazeera,

Sharif juga meminta masyarakat internasional memenuhi tanggung jawabnya untuk membantu negara-negara berkembang menghadapi tantangan ekonomi dari dampak buruk perubahan iklim, kata BBC.

Dalam cuitannya di Twitter, Sharif mengungkapkan bencana itu telah mengakibatkan hilangnya nyawa dan duka luar biasa.

Baca juga: 16 Warga Pakistan akan Diadili di Pengadilan Militer atas Kerusuhan saat Demo Bela Imran Khan

Foto udara yang diambil pada 10 Juni 2022 ini menunjukkan gletser Passu di dekat desa Passu di wilayah Gilgit-Baltistan, Pakistan. Pakistan adalah rumah bagi lebih dari 7.000 gletser, lebih banyak dari tempat lain di Bumi di luar kutub. Meningkatnya suhu global terkait dengan perubahan iklim menyebabkan gletser mencair dengan cepat, menciptakan ribuan danau glasial.
Foto udara yang diambil pada 10 Juni 2022 ini menunjukkan gletser Passu di dekat desa Passu di wilayah Gilgit-Baltistan, Pakistan. Pakistan adalah rumah bagi lebih dari 7.000 gletser, lebih banyak dari tempat lain di Bumi di luar kutub. Meningkatnya suhu global terkait dengan perubahan iklim menyebabkan gletser mencair dengan cepat, menciptakan ribuan danau glasial. (Abdul MAJEED/AFP)

Insiden itu terjadi di dekat Shounter Pass yang menghubungkan wilayah Gilgit-Baltistan dengan Kashmir yang dikelola Pakistan.

BERITA TERKAIT

Shounter Pass, yang terletak di ketinggian 4.420 meter (14.501 kaki) di atas permukaan laut, menghubungkan distrik Astore di wilayah Gilgit-Baltistan ke perbatasan Lembah Kashmir.

Sebuah operasi penyelamatan yang melibatkan dua helikopter militer menghadapi medan yang berat dan ketinggian sekitar 14.000 kaki (4.270 meter) di atas permukaan laut.

Mayat korban tewas dan terluka diangkut ke ambulans sejauh 5 kilometer (3 mil), kata Ali.

Penduduk setempat bergabung dengan tim penyelamat dalam memulihkan para korban, kata saksi mata.

Wilayah utara Pakistan rentan terhadap perubahan iklim dan sering mengalami peristiwa cuaca ekstrem.

Pakistan dalam beberapa tahun terakhir menghadapi rekor hujan monsun dan pencairan gletser di pegunungan utara, termasuk di antara 10 negara teratas yang berisiko mengalami bencana alam akibat kenaikan suhu.

Baca juga: Tahun 2022 Jadi Rekor Musim Panas dan Pencairan Gletser di Eropa

Naiknya suhu dengan cepat mencairkan gletser di pegunungan utara Pakistan yang telah menghasilkan pembentukan 3.044 danau glasial di provinsi Gilgit Baltistan dan Khyber Pakhtunkhwa, menurut PBB.

Wilayah utara terkadang disebut sebagai bagian dari "kutub ketiga" karena mengandung lebih banyak es glasial daripada wilayah mana pun di dunia di luar wilayah kutub.

Beberapa dari gletser yang sangat besar ini sudah mencair karena perubahan iklim, menciptakan lebih dari 3.000 danau. Dan tahun lalu, negara itu mengalami banjir dahsyat yang menewaskan lebih dari 1.700 orang.

Negara itu menghadapi banjir bandang pada musim panas 2022 yang menewaskan lebih dari 1.700 orang dan mempengaruhi 33 juta orang.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas