Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pencarian Kapal Selam Titanic Belum Membuahkan Hasil, Tim Temukan Suara Ini di Bawah Laut

Kapal Kanada berhasil mendeteksi suara bawah air di area pencarian tenggelamnya kapal selam yang berlayar menuju bangkai Titanic.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pencarian Kapal Selam Titanic Belum Membuahkan Hasil, Tim Temukan Suara Ini di Bawah Laut
Handout / Ekspedisi OceanGate / AFP
Gambar tak bertanggal milik Ekspedisi OceanGate, menunjukkan kapal selam Titan mereka ditarik ke lokasi penyelaman di Everett, Washington. Tim penyelamat memperluas pencarian mereka di bawah air pada 20 Juni 2023, saat mereka berpacu dengan waktu untuk menemukan kapal selam wisata selam Titan yang hilang di dekat bangkai kapal Titanic dengan lima orang di dalamnya dan oksigen terbatas. Semua komunikasi terputus dengan kapal Titan setinggi 21 kaki (6,5 meter) selama penurunan 18 Juni ke Titanic, yang berada di kedalaman tekanan yang menghancurkan lebih dari dua mil (hampir empat kilometer) di bawah permukaan Atlantik Utara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya pencarian kapal selam yang hilang selama pelayaran ke bangkai kapal Titanic masih belum membuahkan hasil memuaskan. Namun ada temuan baru yang didapat kapal Kanada yang terlibat dalam tim pencarian.

Kapal tersebut berhasil mendeteksi suara bawah air di area pencarian, kata Penjaga Pantai Amerika Serikat.

Sebagai akibat dari kebisingan yang terdeteksi oleh pesawat pengintai maritim P-3, kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) dipindahkan dalam upaya untuk mengeksplorasi asal kebisingan, kata penjaga pantai pada hari Rabu kemarin.

Sejauh ini, kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh telah menghasilkan hasil negatif tetapi mereka terus melakukan pencarian, kata penjaga pantai dalam sebuah tweet.

“Selain itu, data dari pesawat P-3 telah dibagikan dengan pakar Angkatan Laut AS kami untuk analisis lebih lanjut yang akan dipertimbangkan dalam rencana pencarian di masa mendatang,” tambahnya.

Penjaga pantai tidak merinci sifat atau tingkat suara yang terdeteksi atau bagaimana suara itu ditemukan. Majalah Rolling Stone, mengutip komunikasi internal pemerintah AS, adalah yang pertama melaporkan berita tentang apa yang digambarkan sebagai suara dentuman di area tersebut setiap 30 menit.

Baca juga: Kapal selam wisata Titanic hilang di Samudra Atlantik: Tantangan dan kendala yang dihadapi dalam misi penyelamatan

"Empat jam kemudian sonar tambahan dikerahkan dan dentuman masih terdengar," kata majalah itu, mengutip email internal yang dikirim ke pejabat Departemen Keamanan Dalam Negeri AS.

BERITA TERKAIT

Editor: Handoyo | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas