Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rekaman Suara dan Data dari Kapal Induk Kapal Selam Wisata Titanic akan Diselidiki

Para pejabat AS menyusun langkah untuk menyelidiki lebih jauh terkait meledaknya kapal selam wisatan Titanic yang menewaskan lima orang di dalamnya.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Rekaman Suara dan Data dari Kapal Induk Kapal Selam Wisata Titanic akan Diselidiki
Selebaran / Ekspedisi OceanGate / AFP
Gambar tak bertanggal ini milik Ekspedisi OceanGate, menunjukkan peluncuran kapal selam Titan mereka dari sebuah platform. Tim penyelamat memperluas pencarian mereka di bawah air pada 20 Juni 2023, saat mereka berpacu dengan waktu untuk menemukan kapal selam wisata selam Titan yang hilang di dekat bangkai kapal Titanic dengan lima orang di dalamnya dan oksigen terbatas. Semua komunikasi terputus dengan kapal Titan setinggi 21 kaki (6,5 meter) selama penurunan 18 Juni ke Titanic, yang berada di kedalaman tekanan yang menghancurkan lebih dari dua mil (hampir empat kilometer) di bawah permukaan Atlantik Utara. 

TRIBUNNEWS.COM - Para pejabat Amerika Serikat (AS) menyusun langkah untuk menyelidiki lebih jauh terkait tragedi meledaknya kapal selam wisata Titanic yang menewaskan lima orang di dalamnya, Minggu (25/6/2023).

Dikutip CNN, Penjaga Pantai AS mengumumkan telah membentuk Dewan Investigasi Kelautan untuk menyelidiki kecelakaan itu.

Kepala penyelidik dari Penjaga Pantai AS, Kapten Jason Neubauer mengatakan operasi ini adalah penyelidikan tingkat tertinggi yang dilakukan Penjaga Pantai.

"Panel ditugaskan untuk menentukan penyebab tragedi itu dan memberi opsi yang tepat kepada otoritas untuk mengejar saksi perdata atau pidana yang diperlukan," terang Neubauer pada konferensi pers, Minggu (25/6/2023).

Laporan Fox News mengatakan agensi ingin mencari tahu apa yang perlu diubah untuk mengurangi risiko kejadian serupa di masa depan.

Setelah mengumpulkan puing-puing kapal selam wisata Titanic, dewan akan mengadakan dengar pendapat publik untuk menghimpun kesaksian tambahan dari para saksi.

"Kemudian agensi akan mengeluarkan laporan dengan bukti, kesimpulan dan rekomendasi," tambahnya.

Baca juga: Insiden Kapal Selam Titan, Ahli Kelautan: Mereka Kini sudah Bersama Para Penumpang Titanic

BERITA TERKAIT

Rekaman suara dari kapal induk yang membawa kapal selam wisata Titanic

Saat para pejabat mencoba menyatukan apa yang sebenarnya terjadi, penyelidik juga akan meninjau rekaman suara dari kapal induk yang membawa kapal dan lima penumpangnya, kata pejabat Kanada.

Penyelidik Kanada menaiki kapal Polar Prince pada Sabtu (24/6/2023).

"(Kami) mengumulkan informasi dari perekam data pelayaran kapal dan sistem kapal yang berisi informasi berguna," kata Ketua Dewan Keselamatan Transportasi Kanada.

Para kru dan anggota keluarga juga diwawancarai di atas kapal Polar Prince, yang kembali ke St. John's, ibu kota Newfoundland dan Labrador, dengan mengibarkan bendera setengah tiang pada hari Sabtu.

Royal Canadian Mounted Police juga menyelidiki insiden tersebut dan mengatakan sedang menyelidiki apakah "hukum pidana, federal, atau provinsi mungkin telah dilanggar."

Komunikasi antara kapal selam dan kapal induknya juga kemungkinan akan diperiksa oleh pejabat yang menyelidiki bencana tersebut.

Baca juga: Tragedi Kapal Selam Titanic: Penumpang Sebelumnya Yakin 100 Persen Hal seperti Itu akan Terjadi

Gambar tak bertanggal ini milik Ekspedisi OceanGate, menunjukkan peluncuran kapal selam Titan mereka dari sebuah platform. Tim penyelamat memperluas pencarian mereka di bawah air pada 20 Juni 2023, saat mereka berpacu dengan waktu untuk menemukan kapal selam wisata selam Titan yang hilang di dekat bangkai kapal Titanic dengan lima orang di dalamnya dan oksigen terbatas. Semua komunikasi terputus dengan kapal Titan setinggi 21 kaki (6,5 meter) selama penurunan 18 Juni ke Titanic, yang berada di kedalaman tekanan yang menghancurkan lebih dari dua mil (hampir empat kilometer) di bawah permukaan Atlantik Utara. Selebaran / Ekspedisi OceanGate / AFP
Gambar tak bertanggal ini milik Ekspedisi OceanGate, menunjukkan peluncuran kapal selam Titan mereka dari sebuah platform. Tim penyelamat memperluas pencarian mereka di bawah air pada 20 Juni 2023, saat mereka berpacu dengan waktu untuk menemukan kapal selam wisata selam Titan yang hilang di dekat bangkai kapal Titanic dengan lima orang di dalamnya dan oksigen terbatas. Semua komunikasi terputus dengan kapal Titan setinggi 21 kaki (6,5 meter) selama penurunan 18 Juni ke Titanic, yang berada di kedalaman tekanan yang menghancurkan lebih dari dua mil (hampir empat kilometer) di bawah permukaan Atlantik Utara. Selebaran / Ekspedisi OceanGate / AFP (Selebaran / Ekspedisi OceanGate / AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas