Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-492: Zelensky Desak NATO Kirim Undangan agar Bisa Gabung Aliansi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak agar NATO segera mengirim undangan agar negara yang dilanda konflik itu dapat memulai proses untuk bergab

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-492: Zelensky Desak NATO Kirim Undangan agar Bisa Gabung Aliansi
Sergei SUPINSKY / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi isyarat saat dia berbicara selama konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Estonia Alar Karis setelah pembicaraan mereka di Kyiv, pada 2 Juni 2023. Sergei SUPINSKY / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak agar NATO segera mengirim undangan agar negara yang dilanda konflik itu dapat memulai proses untuk bergabung dengan aliansi.

"Presiden Ukraina mengatakan tidak akan hadir dalam pertumuan puncak pada Juli mendatang jika para peminpin aliansi militer itu tidak menunjukkan "keberanian" melakukannya," kata kepala penasihat diplomatik Ihor Zhovkva kepada Reuters.

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-492 berikut yang dikutip dari Al Jazeera:

1. Update pertempuran

- Kepala pasukan tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin telah diberitahu bahwa para pejuangnya tidak akan lagi ambil bagian dalam perang Rusia di Ukraina setelah menolak menandatangani kontrak untuk membawa pasukan pribadinya di bawah kendali kementerian pertahanan Rusia.

- Polisi Ukraina menangkap seorang pria yang diduga melakukan pengkhianatan karena mengarahkan serangan misil Rusia ke sebuah restoran pizza yang menewaskan 12 orang dan melukai lebih dari 60 orang pada Selasa di kota timur Kramatorsk.

- Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa dua jenderal Ukraina dan hingga 50 perwira militer Ukraina tewas dalam serangan rudal di Kramatorsk.

BERITA TERKAIT

Pejabat Rusia menyangkal menyerang sasaran sipil.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-491: Lukashenko Puji Upayanya Akhiri Pemberontakan Wagner

- Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pejuang tentara bayaran Wagner menembak jatuh helikopter militer Rusia dan pesawat pos komando lintas udara Ilyushin Il-22M selama pemberontakan mereka pada hari Sabtu.

- Ukraina memulai latihan tanggap bencana nuklir di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, kata pejabat regional. Latihan serupa telah dimulai di wilayah tetangga Kherson.

- Tentara Ukraina meminta orang-orang yang masih tinggal di wilayah timur laut Sumy untuk mengungsi karena penembakan Rusia tidak ada hentinya.

- Sedikitnya dua orang tewas dan dua lainnya luka-luka selama serangan Rusia di tempat penampungan "titik tak terlihat" di Kherson, tempat penduduk setempat berkumpul untuk menerima bantuan kemanusiaan.

2. Update persenjataan

- Pentagon mengatakan tidak ada keputusan dalam waktu dekat untuk memberi Kyiv rudal jarak jauh ATACMS.

Ukraina telah lama mencari Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat Amerika Serikat, atau ATACMS, dengan alasan rudal akan membantu mereka menyerang pasukan Rusia jauh di belakang garis depan.

3. Update upaya diplomasi

- Mantan Wakil Presiden AS Mike Pence melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina untuk bertemu Zelensky.

Pence mengatakan kepada NBC News bahwa mengunjungi Ukraina “hanya memperkuat tekad saya untuk melakukan bagian saya, untuk terus menyerukan dukungan Amerika yang kuat untuk teman dan sekutu Ukraina kami”.

Baca juga: Dampak Pemberontakan Yevgeny Prigozhin di Moskow terhadap Nasib Wagner di Afrika

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menghadiri konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Kanada setelah pembicaraan mereka di Kyiv pada 10 Juni 2023. Sergei SUPINSKY / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menghadiri konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Kanada setelah pembicaraan mereka di Kyiv pada 10 Juni 2023. Sergei SUPINSKY / AFP (Sergei SUPINSKY / AFP)

- Zelensky bertemu dengan aktivis lingkungan Swedia Greta Thunberg dan tokoh terkemuka Eropa yang membentuk kelompok kerja untuk mengatasi kerusakan ekologi akibat invasi Rusia ke Ukraina.

- Pemerintah Ceko mengatakan telah melarang semua atlet yang mewakili Rusia ambil bagian dalam kompetisi lokal.

4. NATO

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak agar NATO segera mengirim undangan agar negara yang dilanda konflik itu dapat memulai proses untuk bergabung dengan aliansi.

"Presiden Ukraina mengatakan tidak akan hadir dalam pertumuan puncak pada Juli mendatang jika para peminpin aliansi militer itu tidak menunjukkan "keberanian" melakukannya," kata kepala penasihat diplomatik Ihor Zhovkva kepada Reuters.

- Perdana Menteri Swedia mengatakan dia akan berbicara dengan pejabat Hongaria setelah laporan bahwa Budapest akan menunda ratifikasi keanggotaan NATO Swedia.

5. Update situasi militer

- Rusia membuka kasus pidana terhadap 160 tentara bayaran asing dari 33 negara yang bertempur di Ukraina, lapor kantor berita Rusia TASS.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas