Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Turki Erdogan Restui Swedia Gabung ke NATO dengan Syarat Perjanjian

Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan setuju dukung Swedia gabung ke NATO dengan perjanjian. Swedia juga akan mendukung Turki gabung Uni Eropa.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Presiden Turki Erdogan Restui Swedia Gabung ke NATO dengan Syarat Perjanjian
YVES HERMAN / POOL / AFP
Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson berjabat tangan di samping Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg sebelum pertemuan mereka, menjelang KTT NATO, di Vilnius pada 10 Juli 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala NATO, Jens Stoltenberg mengumumkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan setuju untuk meneruskan tawaran Swedia ke parlemen Turki.

Presiden Turki Erdogan dan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson, mengatakan Turki telah setuju untuk bergerak maju setelah pembicaraan di Vilnius, Lituania.

“Dengan senang hati saya umumkan. Presiden Erdogan telah setuju untuk meneruskan protokol aksesi Swedia ke Majelis Nasional Agung sesegera mungkin dan bekerja sama dengan majelis untuk memastikan ratifikasi,” kata Jens Stoltenberg pada konferensi pers dalam KTT NATO, Selasa (11/7/2023).




“Ini adalah hari bersejarah,” lanjutnya, dikutip dari Al Jazeera.

Jens Stoltenberg tidak mengatakan kapan Erdogan akan memindahkan dokumen itu ke Parlemen Turki, yang kemudian harus memberikan suara untuk menyetujuinya.

Sementara itu, Hungaria belum memberikan suara untuk menyetujui Swedia gabung ke NATO.

Baca juga: KTT NATO 11-12 Juli 2023, Bahas Perang di Ukraina dan Hubungan Kerja Sama dengan Asia-Pasifik

Jens Stoltenberg menolak memberikan jawaban tepatnya Swedia dapat secara resmi menjadi anggota NATO.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan terserah Turki untuk membuat pengumuman dan lebih memilih untuk fokus pada manfaat dari "Hari Bersejarah".

“Saya pikir kita harus menghormati bahwa setiap parlemen memiliki integritasnya sendiri, jadwalnya sendiri, jadi saya menyambut bahwa presiden telah menjelaskan bahwa dia akan bekerja dengan parlemen untuk memastikan ratifikasi, tetapi kapan tepatnya harus diumumkan oleh parlemen. Parlemen Turki,” kata Jens Stoltenberg.

Swedia dan Turki Sepakati Perjanjian

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (kiri atas), Presiden Turki Tayyip Erdogan (kiri), Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson (kedua kanan) dan Menteri Pertahanan Turki Yasar Guler menghadiri pertemuan, menjelang KTT NATO, di Vilnius pada 10 Juli 2023.
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (kiri atas), Presiden Turki Tayyip Erdogan (kiri), Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson (kedua kanan) dan Menteri Pertahanan Turki Yasar Guler menghadiri pertemuan, menjelang KTT NATO, di Vilnius pada 10 Juli 2023. (YVES HERMAN/POOL/AFP)

Baca juga: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Akui Ukraina Layak jadi Anggota NATO

Keputusan Turki ini, kata Jens, adalah hasil dari negosiasi selama setahun.

Sinyal ini setelah setahun Turki memblokir proposal Swedia untuk gabung dengan NATO.

Sebelumnya pada tahun 2022, Turki memberikan beberapa tuntutan kepada Swedia sebagai syarat persetujuan dari Turki untuk gabung NATO.

Termasuk meminta Swedia agar menyerahkan PKK, teroris yang menjadi oposisi Turki yang berada di Swedia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas