Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tentara Niger Kudeta Presiden Mohamed Bazoum, Negara Tetangga Upayakan Mediasi

Tentara Niger kudeta Presiden Mohamed Bazoum pada Rabu (26/7/2023). Negara tetangga, Presiden Benin, Patrice Talon upayakan mediasi pada 27 Juli 2023.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Tentara Niger Kudeta Presiden Mohamed Bazoum, Negara Tetangga Upayakan Mediasi
AFP
Pendukung Presiden Nigeria Mohamed Bazoum berkumpul untuk menunjukkan dukungan mereka kepadanya di Niamey pada 26 Juli 2023. Percobaan kudeta sedang berlangsung pada 26 Juli 2023 di negara bagian Niger yang rapuh, di mana anggota Pengawal Presiden menahan Presiden Mohamed Bazoum, memicu kebuntuan dengan tentara, kata sumber. Blok Afrika Barat ECOWAS dan Uni Afrika mengecam apa yang mereka sebut sebagai "percobaan kudeta", sebuah istilah yang digaungkan oleh sumber yang dekat dengan Bazoum. AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Benin, Patrice Talon, melakukan mediasi dengan tentara Niger yang mengkudeta Presiden Niger, Mohamed Bazoum, dan menahannya sejak Rabu (26/7/2023).

Kolonel Amadou Abdramane yang diapit sembilan tentara Pengawal Presiden Niger mengumumkan, telah mencopot Presiden Niger, Mohamed Bazoum, dari jabatannya pada Kamis (27/7/2023) melalui saluran TV.

"Pasukan pertahanan dan keamanan telah memutuskan untuk menghentikan rezim yang Anda kenal karena situasi keamanan yang memburuk dan pemerintahan yang buruk," kata Kolonel Amadou Abdramane.

Kolonel Amadou Abdramane mengatakan perbatasan Niger ditutup, jam malam nasional diumumkan, dan semua institusi republik ditangguhkan.

Ia juga memperingatkan terhadap intervensi asing.

"Semua mitra eksternal diminta tidak ikut campur. Perbatasan darat dan udara akan ditutup sampai situasi stabil," katanya.

Baca juga: Militer Niger Umumkan Kudeta, Menggulingkan Presiden Bazoum dari Kekuasaan

Jam malam akan diberlakukan di Niger, mulai pukul 22.00 hingga pukul 05.00 waktu setempat hingga pemberitahuan lebih lanjut, seperti diberitakan BBC Internasional.

BERITA TERKAIT

Para tentara yang melakukan kudeta mengatakan akan menghormati keamanan dan kesejahteraan Presiden Mohamed Bazoum.

Pengumuman itu disampaikan hanya beberapa jam setelah Presiden Niger Mohamed Bazoum ditahan di Istana Kepresidenan.

Menteri Luar Negeri Niger, Hassoumi Massoudou menyebut tindakan tentara itu sebagai percobaan kudeta dan mengatakan tidak semua tentara berada di belakang kudeta.

Presiden Benin akan Lakukan Mediasi dengan Militer Niger

Presiden Benine Patrice Talon berbicara selama Tema Aliansi untuk Kewirausahaan, sebagai bagian dari KTT Pakta Keuangan Global Baru di Palais Brongniart di Paris pada 22 Juni 2023. Lusinan pemimpin global berkumpul di Paris pada 22 Juni untuk pertemuan puncak untuk menggoda sebuah konsensus baru tentang reformasi ekonomi internasional untuk membantu negara-negara berkembang yang terbebani utang menghadapi serangan gencar tantangan, khususnya perubahan iklim. Emmanuel DUNAND / KOLAM / AFP
Presiden Benine Patrice Talon berbicara selama Tema Aliansi untuk Kewirausahaan, sebagai bagian dari KTT Pakta Keuangan Global Baru di Palais Brongniart di Paris pada 22 Juni 2023. Lusinan pemimpin global berkumpul di Paris pada 22 Juni untuk pertemuan puncak untuk menggoda sebuah konsensus baru tentang reformasi ekonomi internasional untuk membantu negara-negara berkembang yang terbebani utang menghadapi serangan gencar tantangan, khususnya perubahan iklim. Emmanuel DUNAND / KOLAM / AFP (Emmanuel DUNAND / KOLAM / AFP)

Baca juga: Tentara Niger Umumkan Kudeta, Presiden Mohamed Bazoum Digulingkan dari Kekuasaannya

Negara tetangga Niger, Benin, berinisiatif untuk melakukan mediasi dengan tentara Niger yang mengkudeta Presiden Mohamed Bazoum.

Presiden Benin, Patrice Talon, tiba di Niamey Kamis (27/7/2023) untuk upaya mediasi.

"Segala cara akan digunakan, jika perlu untuk memulihkan tatanan konstitusional di Niger, tetapi yang ideal adalah semuanya dilakukan dengan damai dan harmonis," kata Patrice Talon, dikutip dari France24.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas