Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Kemeriahan Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka

Masyarakat memadati depan Istana Merdeka Jakarta Kamis pagi untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI. Prosesi pengibaran sang…

zoom-in Kemeriahan Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka
Deutsche Welle
Kemeriahan Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka 

Antusiasme warga mulai terlihat di depan pintu masuk utama Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat sekitar pukul 09.31 WIB. Sejumlah warga mulai berjalan ke depan pintu istana di mana sudah ada penjagaan di sana. Masyarakat antusias untuk menyaksikan atraksi dari marching band hingga pasukan pengibaran bendera Merah Putih.

Salah satu warga, Nia, dari Jatinegara Jakarta Timur membawa 3 anaknya untuk menyaksikan HUT RI di Istana Merdeka. Ia mengaku sudah datang sejak pukul 06.30 WIB mengawal kirab bendera dari Monas. "Dari Jatinegara ke sini naik motor. Dari awal 06.30 WIB ngikutin dari Monas," papar Nia.

Selain momen pengibaran Bendera Merah Putih, para warga di depan Istana Merdeka juga mengaku antusias untuk melihat atraksi udara yang akan dilakukan oleh pasukan TNI AU.

Jokowi pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka. Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka ini bisa disaksikan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/8). Kali ini Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yakni Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga hadir dalam acara itu. Terlihat sejumlah pejabat sudah hadir di Istana Merdeka mulai dari Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Seskab Pramono Anung, Ketua KPK Firli Bahuri, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, Ketua BPIP Yudian Wahyudi, hingga Ketua MK Anwar Usman.

BERITA TERKAIT
Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas