Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Akui Ada Potensi Sabotase dan Kesengajaan di Jatuhnya Pesawat yang Tewaskan Prigozhin 

Rusia tidak mengeyampingkan potensi adanya faktor kesengajaan dalam kecelakaan pesawat yang menewaskan bos Wagner Yevgeny Prigozhin

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Rusia Akui Ada Potensi Sabotase dan Kesengajaan di Jatuhnya Pesawat yang Tewaskan Prigozhin 
tangkap layar
TERJUN BEBAS - Tangkap layar cuplikan video detik-detik jatuhnya jet bisnis pabrikan Embraer Legacy jatuh di dekat desa Kuzhenkino di wilayah Tver Rusia, sekitar 300 kilometer dari Moskow, pada Rabu pagi waktu Moskow atau Kamis (24/8/2023) dini hari WIB. Pesawat itu ditumpangi pemimpin tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prighozin. 

Rusia Akui Ada Potensi Sabotase dan Kesengajaan di Jatuhnya Pesawat yang Tewaskan Prigozhin 

TRIBUNNEWS.COM - Pihak berwenang Rusia tidak mengeyampingkan potensi adanya faktor kesengajaan dalam kecelakaan pesawat yang menewaskan bos Wagner Yevgeny Prigozhin.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada wartawan, Rabu (30/8/2023) menyebut, pihak berwenang Rusia akan mempertimbangkan setiap skenario yang mungkin menjadi penyebab jatunya pesawat.




“Jelas ada versi yang berbeda dan sedang dipertimbangkan. Di antaranya adalah yang (melibatkan) kekejaman yang disengaja (sabotase),” katanya.

Dia mendesak media untuk menunggu kabar resmi dari penyelidik.

Ketika ditanya tentang laporan Reuters, yang menyatakan bahwa Moskow telah menolak tawaran bantuan dari otoritas penerbangan Brasil, Peskov mengatakan tidak ada ajuan apapun dari pihak internasional.

Dia mengindikasikan bahwa penyelidikan akan dilakukan di dalam negeri oleh lembaga berwenang di Rusia.

Lokasi kejadian jatuhnya pesawat yang membawa pimpinan Grup Wagner Yevgeny Prigozhin, Kamis (24/8/2023). Sebuah sumber menyebut, pesawat ini kena rudal dari sistem pertahanan udara Rusia. Jatuhnya pesawat, tepat dua bulan setelah Wagner Grup melakukan pemberontakan di Moskow pada 24 Juni 2023.
Lokasi kejadian jatuhnya pesawat yang membawa pimpinan Grup Wagner Yevgeny Prigozhin, Kamis (24/8/2023). Sebuah sumber menyebut, pesawat ini kena rudal dari sistem pertahanan udara Rusia. Jatuhnya pesawat, tepat dua bulan setelah Wagner Grup melakukan pemberontakan di Moskow pada 24 Juni 2023. (ostorozhno_novosti / Telegram)

Pesawat Buatan Pabrik Brasil

BERITA TERKAIT

Sebagai informasi, pesawat jet pribadi yang jatuh di Wilayah Tver Rabu lalu diproduksi oleh produsen pesawat Brasil, Embraer.

Kesepuluh orang di dalamnya tewas, termasuk bos Wagner dan beberapa rekan terdekatnya.

Reuters menekankan, karena penerbangan tersebut terjadi di dalam negeri, Rusia tidak berkewajiban untuk menyelidiki kecelakaan tersebut berdasarkan aturan internasional.

Insiden jatuhnya pesawat di wilayah internasional biasanya diawasi di bawah wewenang Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan melibatkan produsennya.

“Jika mereka mengatakan akan membuka penyelidikan dan mengundang Brasil, kami akan berpartisipasi dari jauh,” kata Brigadir Udara Marcelo Moreno, yang mengepalai Pusat Penelitian dan Pencegahan Kecelakaan Penerbangan (CENIPA) Brasil, kepada Reuters.

Orang-orang bereaksi terhadap peti mati kepala logistik Grup Wagner Valery Chekalov, yang tewas dalam kecelakaan pesawat, saat pemakaman di pemakaman Severnoye di St. Petersburg, Rusia, Selasa, 29 Agustus 2023. Kecelakaan pesawat itu terjadi tepat dua bulan setelahnya Ketua Grup Wagner Yevgeny Prigozhin melancarkan pemberontakan melawan kepemimpinan militer Rusia, memimpin tentara bayarannya untuk mengambil alih markas militer di kota selatan Rostov-on-Don dan kemudian melancarkan serangan ke Moskow. (AP Photo/Dmitri Lovetsky)
Orang-orang bereaksi terhadap peti mati kepala logistik Grup Wagner Valery Chekalov, yang tewas dalam kecelakaan pesawat, saat pemakaman di pemakaman Severnoye di St. Petersburg, Rusia, Selasa, 29 Agustus 2023. Kecelakaan pesawat itu terjadi tepat dua bulan setelahnya Ketua Grup Wagner Yevgeny Prigozhin melancarkan pemberontakan melawan kepemimpinan militer Rusia, memimpin tentara bayarannya untuk mengambil alih markas militer di kota selatan Rostov-on-Don dan kemudian melancarkan serangan ke Moskow. (AP Photo/Dmitri Lovetsky) (AP/Dmitri Lovetsky)

Teori Konspirasi

Kematian Prigozhin terjadi dua bulan setelah dia melancarkan pemberontakan singkat, membuat pawai pasukan Perusahaan Militer Swasta Wagner menuju Moskow dengan tujuan mengganti komandan militer tertinggi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mencapnya sebagai pengkhianat pada saat itu, namun menyetujui kesepakatan demi menghindari pertumpahan darah besar.

Kesepakatan yang dimaksud adalah, Putin mengampuni Prigozhin dan pasukannya tapi mereka harus meninggalkan Rusia.

Putin telah berulang kali menekankan bahwa sebagian besar anggota Wagner adalah patriot, yang pengabdiannya di medan perang menjadikan mereka berstatus pahlawan negara.

Beberapa media Barat mengklaim adanya teori konspirasi kalau Moskow kemungkinan berada di balik kecelakaan pesawat yang menewaskan Prigozhin.

Kremlin telah menolak “spekulasi” tersebut dan menyebutnya sebagai “kebohongan total,” sementara Putin berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh atas insiden tersebut.

(oln/RT/TMT/Reuters/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas