Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekutu Dekat Putin Sebut Polandia 'Stupid', Presiden Belarusia: Wagner Bikin Histeria Negara Baltik

Pemimpin Belarus Kecam Polandia yang 'Bodoh' dan Baltik Menyerukan Penarikan Wagner

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sekutu Dekat Putin Sebut Polandia 'Stupid', Presiden Belarusia: Wagner Bikin Histeria Negara Baltik
ALEXANDR DEMYANCHUK / SPUTNIK / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarus Alexander Lukashenko (kiri) berfoto di Istana Constantine (Konstantinovsky) di Strelna, di luar Saint Petersburg, pada 23 Juli 2023. 

Sekutu Dekat Putin Sebut Polandia 'Stupid', Presiden Belarusia: Wagner Bikin Histeria Negara Baltik

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko mengkritik apa yang disebutnya sebagai “tuntutan bodoh” dari Polandia dan negara-negara Baltik yang meminta pejuang Wagner yang 'parkir' di negaranya untuk pergi.

Sekutu dekat Presiden Rusia, Vladimir Putin itu melontarkan kecamannya pada Kamis (31/8/2023).

Diketahui, para tentara bayaran Wagner berada di Belarus sebagai bentuk pengasingan atas aksi pemberontakan melawan kepemimpinan militer Moskow pada Juni silam.

Baca juga: Presiden Ukraina Dendam, Dianggap Pelawak Dagelan: Cerita di Balik Pertemuan Pertama Biden-Zelensky

Kehadiran para tentara Wagner ini memicu kekhawatiran dari negara-negara tetangga Belarusia.

“Mereka (Polandia dan negara-negara Baltik) punya histeria mengenai kehadiran tentara militer swasta Wagner di wilayah kami,” kata Lukashenko kepada anggota Dewan Keamanannya.

“Mereka telah mencapai titik di mana mereka menuntut penarikan (tentara Wagner) segera dari Belarus,” katanya.

BERITA REKOMENDASI

Lukashenko menyebut tuntutan Polandia dan negara-negara Baltik tersebut “tidak masuk akal dan bodoh.”

Diketahui, Polandia dan negara-negara Baltik, Senin (28/8/2023) meminta Belarusia untuk mengusir anggota kelompok tentara bayaran tersebut.

Baca juga: Bos Wagner Dikubur Satu Liang Bersama Sosok Ini, Sunyinya Pemakaman Yevgeny Prigozhin

Gambar selebaran yang diposting pada 20 Juli 2023 di saluran Telegram Kementerian Pertahanan Belarusia ini menunjukkan pelatihan bersama para pejuang PMC Wagner dengan prajurit pasukan khusus Belarusia di lapangan militer Brestsky. Belarus mengatakan pada 20 Juli 2023 bahwa instruktur dari pasukan tentara bayaran Wagner telah mulai melatih pasukan khusus negara bekas Soviet itu, hampir sebulan setelah pemberontakan yang dibatalkan di Rusia. Wagner, yang memainkan peran kunci dalam serangan Ukraina, berusaha menggulingkan kepemimpinan militer Rusia selama pemberontakan singkatnya bulan lalu, sebelum mundur.
Orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko menawarkan perlindungan kepada pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin di Belarusia dan mengatakan pasukannya akan mendapat manfaat dari pengalaman tempur para komandan Wagner.
Gambar selebaran yang diposting pada 20 Juli 2023 di saluran Telegram Kementerian Pertahanan Belarusia ini menunjukkan pelatihan bersama para pejuang PMC Wagner dengan prajurit pasukan khusus Belarusia di lapangan militer Brestsky. Belarus mengatakan pada 20 Juli 2023 bahwa instruktur dari pasukan tentara bayaran Wagner telah mulai melatih pasukan khusus negara bekas Soviet itu, hampir sebulan setelah pemberontakan yang dibatalkan di Rusia. Wagner, yang memainkan peran kunci dalam serangan Ukraina, berusaha menggulingkan kepemimpinan militer Rusia selama pemberontakan singkatnya bulan lalu, sebelum mundur. Orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko menawarkan perlindungan kepada pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin di Belarusia dan mengatakan pasukannya akan mendapat manfaat dari pengalaman tempur para komandan Wagner. (Selebaran / TELEGRAM / @modmilby / AFP)

Seruan tersebut dilontarkan beberapa hari setelah pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat misterius di Rusia.

Polandia, yang berbatasan dengan Belarusia sekitar 400 kilometer (sekitar 250 mil), mengatakan ribuan pejuang Wagner ditempatkan di negara tersebut, sehingga menimbulkan ancaman keamanan.

Lituania mengatakan awal bulan ini bahwa pihaknya “menangguhkan sementara” dua dari enam penyeberangan perbatasannya dengan Belarusia atas alasan risiko keamanan yang ditimbulkan oleh Wagner.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas