Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Jakarta, Wapres AS Kamala Harris Membuat Pernyataan yang Bikin Gempar Publik Amerika, Ada Apa?

Pernyataan Kamala yang menyatakan siap menggantikan Joe Biden sebagai Presiden yang bikin gempar.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Di Jakarta, Wapres AS Kamala Harris Membuat Pernyataan yang Bikin Gempar Publik Amerika, Ada Apa?
ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) dan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris (kiri) berbincang saat berfoto bersama menjelang ASEAN-AS ke-11. Summit di Jakarta, Rabu (6/9/2023). Media Center of The ASEAN Summit 2023/Zabur Karuru/foc/mifta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di Jakarta, Wakil Presiden atau Wapres Amerika Serikat (AS) Kamala Harris membuat pernyataan yang menggemparkan publik Amerika saat wawancara dengan dengan Associated Press/AP.

Kamala berada di Jakarta sejak dua hari lalu menghadiri KTT ASEAN.

Pernyataan Kamala yang menyatakan siap menggantikan Joe Biden sebagai Presiden yang bikin gempar.




Kamala Harris mengatakan bahwa aspek penting dari perannya adalah kesiapan untuk memangku jabatan presiden jika Presiden AS saat ini Joe Biden tidak dapat menyelesaikan masa jabatannya.

Harris mengatakan itu setelah dia awalnya mencoba untuk mengalihkan pertanyaan  mengenai Joe Biden yang saat ini berusia 80 tahun dengan menyebutkan pencapaian legislatifnya.

“Pertanyaan tentang usia presiden sering kali sejalan dengan pertanyaan tentang bagaimana Anda akan mengambil peran tersebut jika diperlukan. Apakah Anda merasa siap menghadapi kemungkinan itu? Apakah menjabat sebagai wakil presiden telah mempersiapkan Anda untuk pekerjaan itu?” tanya Reporter Associated Press Chris Megerian kepada Kamala Harris.

“Ya,” jawab wakil presiden berusia 58 tahun itu di Jakarta, Indonesia, tempat dia mewakili Biden pada KTT tahunan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

BERITA TERKAIT

“Dan bagaimana Anda menggambarkan proses itu?” tanya reporter itu.

Baca juga: Wapres Kamala Harris Ajak Presiden Jokowi Jalin Kemitraan Strategis Indonesia-AS

“Baiklah, pertama-tama, mari saya menjawab hipotesis Anda, tetapi Joe Biden akan baik-baik saja. Jadi itu tidak akan membuahkan hasil,” kata Harris.

“Tetapi mari kita juga memahami bahwa setiap wakil presiden – setiap wakil presiden – memahami bahwa ketika mereka mengambil sumpah, mereka harus sangat jelas mengenai tanggung jawab yang mungkin mereka miliki untuk mengambil alih pekerjaan sebagai presiden. Saya tidak berbeda.”

Delapan dari 45 orang yang pernah menjabat sebagai presiden Amerika meninggal saat menjabat dimana empat diantaranya karena pembunuhan dan empat karena sebab alamiah.

Biden, yang sudah menjadi presiden tertua, akan berusia 81 tahun pada bulan November 2023 ini.

Dalam beberapa kesempatan kesehatan Biden juga mulai dipertanyakan bahkan beberapa kali dia terlihat tersandung saat berjalan.

Politisi Amerika biasanya menahan diri untuk tidak berhipotesis tentang potensi kematian tokoh lanjut usia termasuk presiden karena takut menuai kritik.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas