Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia Inisiasi Pembentukan Mekanisme Troika Selesaikan Masalah Myanmar

Troika adalah bentuk kepemimpinan suatu organisasi atau sidang yang dijabat oleh tiga pihak dengan peran yang sama.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Willem Jonata
zoom-in Indonesia Inisiasi Pembentukan Mekanisme Troika Selesaikan Masalah Myanmar
Sekretariat Presiden
Preside Jokowi usai penutupan KTT ASEAN ke-43 di JCC,Senayan,Jakarta, Kamis, (7/9/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan ASEAN terus berupaya untuk menyelesaikan konflik di Myanmar.

Indonesia yang memegang keketuaan ASEAN telah menyampaikan langkah langkah penyelesaian konflik Myanmar, salah satunya dengan mengusulkan pembentukan troika.

Untuk diketahui troika adalah bentuk kepemimpinan suatu organisasi atau sidang yang dijabat oleh tiga pihak dengan peran yang sama.

"Indonesia melalui keketuaan telah menyampaikan langkah ASEAN  membantu Myanmar salah satunya pembentukan mekanisme Troika," kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis, (7/9/2023).

Presiden meyakinkan bahwa ASEAN masih efektif dalam menyelesaikan masalah di Myanmar.

Dalam masa ketetuaan Indonesia, terdapat 145 engagement yang melibatkan 70 stakeholder dalam penyelesaian konflik Myanmar.

BERITA TERKAIT

"Dan kita melihat sudah mulai muncul trust di antara para staskeholders, akan kita lanjutkan. Memang untuk menciptakan perdamaian selalu butuh waktu yang panjang. Tapi tidak apa, kita harus terus melakukan kitra harus terus berjuang," katanya.

Presiden mengatakan ASEAN tidak akan tersandera untuk melangkah lebuh maju. ASEAN akan terus berupaya berkontribusi dalam menciptakan stabilitas dan kedamaian di kawasan.

"ASEAN tidak akan tersandera isu Myanmar. Kapal ASEAN akan terus maju mewujudkan stabilitas, mewujudkan kemakmuran," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas