Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita Korban Gempa Maroko: Rasanya seperti Dibom, Rumah Hancur Total

Inilah cerita korban gempa di Maroko yang terjadi pada Jumat (8/9/2023) malam, waktu setempat. Rasanya seperti dibom, rumah hancur total.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Cerita Korban Gempa Maroko: Rasanya seperti Dibom, Rumah Hancur Total
AP/Mosa'ab Elshamy
Orang-orang memeriksa rumah mereka yang rusak pasca gempa bumi di desa Moulay Brahim, dekat Marrakesh, Maroko, Sabtu, 9 September 2023. Berikut cerita para korban gempa. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah cerita korban gempa di Maroko yang terjadi pada Jumat (8/9/2023) malam, waktu setempat.

Cerita tersebut dibagikan oleh Abderahim Imni, yang tinggal di sebuah jalan sempit di Desa Moulay Brahim, pegunungan Atlas Maroko kepada The Guardian.

Ia berada di sebuah rumah yang tergeletak di seberang jalan dalam tumpukan reruntuhan berpasir.

Bangunan itu sebagian besar tidak dapat dikenali lagi seperti dulu, kecuali sebuah ruangan terpencil yang terdampar di atas reruntuhan, dan cat biru pada dindingnya masih terlihat.

Baca juga: Tarif per Malam Hotel Pestana CR7 Marrakech Milik Cristiano Ronaldo di Maroko Rp4,3 Juta-Rp9,9 Juta

Abderahim Imni, dengan tangannya yang dibalut luka akibat batu yang jatuh saat gempa dahsyat hari Jumat, memimpin pembersihan jalan di mana rumahnya pernah berdiri.

"Saya merasakan rumah bergetar. Sesaat kami sempat tertimbun puing, namun hanya sesaat dan kemudian kami berhasil melarikan diri," ujarnya dilansir The Guardian.

"Meski begitu, itu tidak mudah. Tidak ada listrik dan udara penuh debu."

BERITA TERKAIT

"Anda tidak bisa melihat. Jantungku berdebar-debar seperti terkena serangan jantung," ungkapnya.

Dalam keremangan yang menyesakkan, Abderahim dan anggota keluarganya memanjat turun ke tumpukan puing-puing yang tertatih-tatih dan melarikan diri ke taman terdekat tempat mereka bermalam.

Keluarga dan tetangga mereka di desa berpenduduk 3 ribu jiwa ini masih berdamai dengan kematian dan kehancuran yang menimpa mereka begitu tiba-tiba.

Kaki seorang pria terjebak di bawah reruntuhan saat operasi penyelamatan sedang berlangsung, setelah gempa bumi, di desa Moulay Brahim, dekat Marrakesh, Maroko, Sabtu, 9 September 2023. Gempa bumi dahsyat yang jarang terjadi melanda Maroko Jumat malam, menewaskan lebih dari 800 orang dan merusak bangunan dari desa-desa di Pegunungan Atlas hingga kota bersejarah Marrakesh. Namun jumlah total korban jiwa tidak diketahui karena tim penyelamat berjuang untuk melewati jalan-jalan berbatu menuju desa-desa pegunungan terpencil yang paling terkena dampaknya. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)
Kaki seorang pria terjebak di bawah reruntuhan saat operasi penyelamatan sedang berlangsung, setelah gempa bumi, di desa Moulay Brahim, dekat Marrakesh, Maroko, Sabtu, 9 September 2023. Gempa bumi dahsyat yang jarang terjadi melanda Maroko Jumat malam, menewaskan lebih dari 800 orang dan merusak bangunan dari desa-desa di Pegunungan Atlas hingga kota bersejarah Marrakesh. Namun jumlah total korban jiwa tidak diketahui karena tim penyelamat berjuang untuk melewati jalan-jalan berbatu menuju desa-desa pegunungan terpencil yang paling terkena dampaknya. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy) (AP/Mosa'ab Elshamy)

Baca juga: Dunia Hari Ini: Korban Selamat Gempa Maroko Kesulitan Dapat Air dan Makanan

Di jantung desa pedesaan yang miskin ini, yang terletak di lereng gunung yang curam, hampir tidak ada bangunan yang luput dari kerusakan.

Beberapa rumah, seperti rumah Abderahim, telah hancur.

Sementara rumah lain masih berdiri, tetapi lantai atasnya kini membungkuk berbahaya di atas jalan sempit, terancam roboh karena bebannya sendiri.

Namun dampak terburuknya adalah pada kehidupan manusia.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas