Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kim Jong Un Akhirnya Bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, Ini yang akan Dibahas

Presiden Korea Utara, Kim Jong Un akhirnya bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Keduanya disebut-sebut akan membahas hubungan bilateral.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kim Jong Un Akhirnya Bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, Ini yang akan Dibahas
Vladimir SMIRNOV / POOL / AFP
Dalam foto yang didistribusikan oleh agen Sputnik, Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri tengah) berjabat tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kedua dari kanan) selama pertemuan mereka di Kosmodrom Vostochny di wilayah Amur pada 13 September 2023. Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un keduanya tiba di Kosmodrom Vostochny di Timur Jauh Rusia, kantor berita Rusia melaporkan pada 13 September, menjelang rencana pembicaraan yang dapat mengarah pada kesepakatan senjata. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Korea Utara, Kim Jong Un akhirnya bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Rabu (13/9/2023).

Vladimir Putin secara pribadi telah menyambut Kim Jong Un di Kosmodrom Vostochny.

Vladimir Putin datang ke Vostochny pada Rabu pagi, setelah kunjungan dua hari ke Forum Ekonomi Timur di Vladivostok.

Sementara itu pemimpin Korea Utara tiba di fasilitas tersebut dengan kereta lapis baja miliknya, setelah menyeberang ke wilayah Rusia pada Selasa pagi.

"Saya sangat senang bertemu Anda," kata Putin, dikutip dari RT.

Kim Jong Un pun lantas berterima kasih kepada Putin atas undangan tersebut dan sambutan yang sangat hangat.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-567: Pertemuan Kim Jong Un dan Vladimir Putin Masih Rahasia

Lantas, apa yang akan dibahas oleh kedua pemimpin ini?

BERITA TERKAIT

Menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Kim Jong Un meyakini kunjungannya ke Rusia yang pertama dalam empat tahun terakhir, menggambarkan pentingnya hubungan strategis antara kedua negara.

Pernyataan itu disampaikan setibanya Kim di stasiun Khasan di Wilayah Primorye Timur Jauh Rusia.

Di sana, ia disambut oleh para pejabat Rusia, termasuk Menteri Sumber Daya Alam Rusia, Alexander Kozlov.

Dikutip dari TASS, Kim mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa berkunjung ke Rusia lagi setelah kunjungannya pada 2019 silam.

Baca juga: Bukan Kereta Biasa yang Dipakai Kim Jong Un ke Rusia, Isi Kereta Bak Hotel Dilengkapi Antipeluru

"(Kunjungan ini) merupakan wujud nyata dari pendirian WPK (Partai Pekerja Korea) dan pemerintah DPRK yang memprioritaskan kepentingan strategis hubungan DPRK-Rusia," kata Kim.

Menurut KCNA, tujuan kunjungan pemimpin Korea Utara ke Rusia adalah untuk membawa hubungan persahabatan ke tingkat yang lebih tinggi.

Ia berterima kasih kepada pihak Rusia atas sambutan hangatnya dan menyampaikan harapan terbaiknya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, angkatan bersenjata, dan rakyat Rusia.

Pentingnya Pertemuan Kedua Negara

Kim Jong Un di Rusia 23523515
Foto selebaran yang diambil dan dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Rusia pada 12 September 2023 ini menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) tiba di stasiun kereta Khasan, wilayah Primorky, pada awal kunjungan resminya ke Rusia. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Rusia pada 12 September 2023 menjelang pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin yang telah diperingatkan Amerika Serikat akan adanya kesepakatan senjata untuk mendukung serangan Moskow terhadap Ukraina.
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas