Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-595: Pipa Gas Finlandia-Estonia Rusak, Ada Unsur Kesengajaan

Dalam perekembangan terbaru, pipa gas bawah laut dan kabel komunikasi yang menghubungkan Finlandia-Estonia dilaporkan rusak parah.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-595: Pipa Gas Finlandia-Estonia Rusak, Ada Unsur Kesengajaan
Handout / Penjaga Perbatasan Finlandia / Lehtikuva / AFP
Gambar selebaran yang disediakan oleh Penjaga Perbatasan Finlandia ini menunjukkan kapal patroli lepas pantai Penjaga Perbatasan Finlandia, Turva, yang berjaga pada tanggal 11 Oktober 2023 di laut dekat tempat pipa gas Balticconnector yang rusak diarahkan ke Teluk Finlandia. Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan pada 10 Oktober 2023 bahwa kebocoran yang menyebabkan penutupan pipa gas alam dari Estonia ke Finlandia akhir pekan ini kemungkinan disebabkan oleh "aktivitas eksternal". 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini update perang Rusia vs Ukraina hari ke-595 pada Rabu (11/10/2023).

Dalam perekembangan terbaru, pipa gas bawah laut dan kabel komunikasi yang menghubungkan Finlandia-Estonia dilaporkan rusak parah.

Pihak berwenang Finlandia mengklaim bahwa pipa dan kabel itu sengaja dirusak.




"Tampaknya (kerusakan) merupakan akibat dari tindakan eksternal yang disengaja," kata Finlandia, dikutip dari The Guardian.

Media lokal mengutip sumber pemerintah, yang tidak disebutkan namanya, mengatakan ada dugaan sabotase oleh Rusia.

Senada dengan laporan media lokal, pakar keamanan regional mengatakan mendapati kapal survei Rusia baru-baru ini melakukan kunjungan berulang kali ke sekitar pipa Balticconnector.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-594: Zelensky Ganti Komandan Pasukan Pertahanan Wilayah Ukraina

Presiden Ukraina, Zelensky, bertemu dengan Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi di Zaporizhzhia, pada Senin (27/3/2023).
Presiden Ukraina, Zelensky, bertemu dengan Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi di Zaporizhzhia, pada Senin (27/3/2023). (Rafael Grossi)

Inilah update perang Rusia vs Ukraina lainnya:

BERITA TERKAIT

- Zelensky Tegaskan Tidak akan Serang PLTN Zaporizhzhia

Kepala Badan Energi Atom Internasional, Rafael Grossi mengatakan Presiden Ukraiana Volodymyr Zelensky berjanji bahwa pasukannya tidak akan menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia.

Selama wawancara dengan The Guardian, Grossi mengaku sangat khawatir dengan PLTN terbesar di Eropa itu, terutama sejak Rusia menginvasi Ukraina.

- Kata Zelensky soal Perang Rusia-Ukraina vs Perang Israel-Hamas

Lewat komentarnya, Zelensky menyatakan keprihatinan atas sikap masyarakat internasional yang menaruh perhatian pada Israel pascaserangan Hamas.

"Saya tidak ingin membuat perbandingan apa pun. Ada perang mengerikan yang sedang terjadi di negara kita," kata Zelensky.

Ia melanjutkan, di Israel banyak orang kehilangan keluarga yang dicintai.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas