Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu India Jaishankar Sebut Hubungan India-Kanada dalam Fase Sulit

Menteri Luar Negeri S Jaishankar mengatakan hubungan antara India dan Kanada saat ini sedang melalui fase yang sulit.

Penulis: Farrah Putri Affifah
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Menlu India Jaishankar Sebut Hubungan India-Kanada dalam Fase Sulit
Ishara S. KODIKARA / AFP
Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar berbicara pada konferensi media Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-23 di Kolombo pada 11 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri S Jaishankar mengatakan hubungan antara India dan Kanada saat ini sedang melalui fase yang sulit.

Ia menjelaskan, ada 'campur tangan terus-menerus' oleh personel Kanada dalam urusan dalam negeri New Delhi.

“Hubungan saat ini sedang melalui fase yang sulit. Namun saya ingin mengatakan bahwa masalah yang kita hadapi ada pada segmen tertentu dari politik Kanada dan kebijakan yang dihasilkan dari hal tersebut,” kata Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar, dikutip dari Reuters.

Hubungan antara India dan Kanada berada di bawah ketegangan yang parah menyusul tuduhan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bulan lalu mengenai 'potensi' keterlibatan agen-agen India dalam pembunuhan seorang pemimpin separatis Sikh di British Columbia pada bulan Juni, dikutip dari CNBCTV18.

Beberapa hari setelah tuduhan Trudeau, India mengumumkan penangguhan sementara penerbitan visa bagi warga negara Kanada dan meminta Ottawa untuk mengurangi kehadiran diplomatiknya di negara tersebut.

Oleh karena itu, Kanada harus menarik 41 diplomatnya dari India pada Kamis, lalu.

Baca juga: Buntut Pembunuhan Aktivis Sikh, India Minta Kanada Pulangkan 41 Diplomatnya Paling Lambat 10 Oktober

Mengenai pengurangan kehadiran diplomatik Kanada di India, ia mengatakan kesetaraan diplomatik sangat diatur dalam Konvensi Wina mengenai hubungan diplomatik.

BERITA REKOMENDASI

“Kesetaraan sangat diatur oleh Konvensi Wina, yang merupakan aturan internasional yang relevan mengenai hal ini. Dalam kasus kami, kami menerapkan kesetaraan karena kami khawatir akan campur tangan terus-menerus dalam urusan kami oleh personel Kanada,” kata Jaishankar.

Namun hal tersebut belum dibagikan secara luas oleh India.

"Kami belum mempublikasikan hal itu secara luas. Perasaan saya adalah seiring berjalannya waktu, akan ada lebih banyak hal yang terungkap dan orang-orang akan mengerti mengapa kami merasa tidak nyaman dengan banyak hal seperti yang kami alami," kata Jaishankar dalam sebuah klip video.

Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, saat mengumumkan kembalinya para diplomat dari India, pada hari Kamis menggambarkan tindakan New Delhi bertentangan dengan hukum internasional.

Perdana Menteri Modi Narendra resmi menerbitkan aturan untuk menghentikan penerbitan visa baru bagi warga Kanada yang ingin melancong ke India.
Perdana Menteri Modi Narendra resmi menerbitkan aturan untuk menghentikan penerbitan visa baru bagi warga Kanada yang ingin melancong ke India. (Istimewa)

Baca juga: Jelang Festival Diwali di India, 14 Orang Meninggal dalam Insiden Ledakan Kembang Api

Ini juga melanggar Konvensi Wina mengenai hubungan diplomatik.

Perdana Menteri Kanada, Trudeau juga mengatakan pada hari Jumat tindakan keras pemerintah India terhadap diplomat Kanada mempersulit kehidupan normal jutaan orang di kedua negara.

Sementara itu, sejak beberapa minggu lalu, India telah berhenti mengeluarkan visa ke Kanada.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas