Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Ribu Orang di Jerman Demonstrasi Dukung Palestina, Menuntut Segera Hentikan Genosida di Gaza

Puluhan ribu orang di Jerman berdemonstrasi mendukung kemerdekaan Palestina dan menuntut hentikan genosida di Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Puluhan Ribu Orang di Jerman Demonstrasi Dukung Palestina, Menuntut Segera Hentikan Genosida di Gaza
Ina FASSBEDER / AFP
Para pengunjuk rasa memegang plakat dan mengibarkan bendera Palestina saat mereka berjalan selama 'Pawai untuk Palestina' di Dortmund, Jerman barat, untuk menyerukan gencatan senjata dalam perang antara Israel dan Hamas. Ribuan warga sipil Palestina tewas dibombardir militer Israel. 

TRIBUNNEWS.COM- Puluhan ribu orang di Jerman berdemonstrasi mendukung kemerdekaan Palestina dan menuntut hentikan genosida di Gaza.

Jerman adalah negara yang pemerintahnya mengekang keras demonstrasi pro-Palestina, namun serangan membabi buta Israel terhadap Gaza memicu demonstrasi besar-besaran pro-Palestina  di seluruh Jerman pada akhir pekan.

Para demonstran di Jerman itu meneriakkan slogan-slogan seperti "Gencatan Senjata sekarang” dan “Bebaskan Palestina—Bebaskan Gaza!”.

Teriakan itu dapat didengar dan dilihat di mana-mana di Jerman seperti laporan dari wsws.org.

Mereka menuntut keadilan serta “Persamaan Hak bagi Warga Palestina” dan “Kebebasan berekspresi juga harus berlaku bagi warga Palestina.”

Upaya apapun yang dilakukan negara dan pemerintah untuk mengekang protes melalui peraturan ketat, pelarangan, pelecehan, dan penangkapan, mereka tidak berhasil di Jerman.

Demonstrasi damai yang terjadi di hampir semua kota besar di Jerman menjadi saksi tumbuhnya gerakan massa yang sungguh-sungguh menentang perang, yang tidak lagi dapat dihentikan dengan mudah.
Seperti yang tertulis dalam “Seruan kepada kelas pekerja dan pemuda,” yang disebarkan secara massal oleh Sozialistische Gleichheitspartei (Partai Kesetaraan Sosialis, SGP):

BERITA REKOMENDASI

“Meskipun ada propaganda yang tiada henti, sentimen dari massa pekerja dan pemuda di seluruh dunia masih tetap sama. Berada di pihak Palestina.”

Di Berlin, poster merah Sozialistische Gleichheitspartei dengan slogan “Hentikan genosida di Gaza” terlihat dari jauh.

Demonstrasi tersebut, yang dimulai di Air Mancur Neptunus di depan Rotes Rathaus (pusat majelis negara bagian Berlin) dan berakhir di Potsdamer Platz, melibatkan sekitar 20.000 peserta.

Di antara mereka tidak hanya banyak warga Palestina, tetapi juga sejumlah besar anak muda dari Jerman dan berbagai negara lain di dunia.

Penyelenggaranya bukan hanya kelompok-kelompok Palestina seperti “Palestine Speaks” dan “Palestine Campaign”, namun juga “Jewish Voice for Just Peace in the Middle East” dan “Jewish Bund.”

Hal ini saja menunjukkan karakter propaganda pemerintah yang salah dan tidak jujur, yang memfitnah setiap kritik terhadap genosida pemerintahan Netanyahu sebagai “antisemit.”

Banyak orang di Berlin yang sependapat dengan pendapat yang diungkapkan oleh salah satu peserta di Munich:

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas