Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gerah Dihajar Rudal Houthi Ansarallah, Komandan Angkatan Udara Israel Siap Bombardir Yaman

Pernyataan pejabat militer Israel itu muncul beberapa hari setelah kota di Israel kena hajar rudal kelompok Houthi Ansarallah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Gerah Dihajar Rudal Houthi Ansarallah, Komandan Angkatan Udara Israel Siap Bombardir Yaman
Foto: MOHAMMED HUWAIS/AFP
Sebuah rudal dengan peluncur mobile dalam parade kelompok Ansarallah (Houthi) menandai pengambilalihan Yaman oleh Houthi. 

Gerah Dihajar Rudal Houthi Ansarallah, Komandan Angkatan Udara Israel Siap Bombardir Yaman

TRIBUNNEWS.COM - Komandan Angkatan Udara Israel, Tomer Bar menyatakan kalau Tel Aviv berencana melancarkan serangan di Yaman.

Mengutip laporan resmi Otoritas Penyiaran Israel, Tomer Bar menyampaikan kalau Angkatan Udara, sebagai cabang strategis pasukan Tel Aviv, siap bertindak di seluruh Timur Tengah di setiap arena dan tempat yang diperlukan.

Baca juga: Media Israel: Hamas Belum Pecah, Menghancurkannya dan Menyelamatkan Sandera Adalah Misi Mustahil

Pernyataan pejabat militer Israel itu muncul beberapa hari setelah angkatan bersenjata Yaman yang berafiliasi dengan kelompok Houthi Ansarallah mengumumkan pada Selasa malam peluncuran sejumlah rudal balistik ke berbagai sasaran di Israel.

Serangan itu termasuk manargetkan sasaran 'sensitif' di wilayah Eilat, kota di teritorial Israel.

Baca juga: Alarm Meraung-raung di Kota Eliat, Drone Tempur Yaman Capai Israel Selatan

Juru bicara Militer Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree.
Juru bicara Militer Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree. (Ist)

Houthi Bidik Kota-Kota Israel

Juru bicara militer Houthi, Brigadir Jenderal Yahya Saree, mengonfirmasi serangan ke Israel tersebut dalam sebuah pernyataan saat itu.

“Kami meluncurkan sejumlah rudal balistik ke berbagai sasaran di wilayah pendudukan Israel di Palestina, termasuk sasaran sensitif di wilayah Umm Al-Rashrash (Eilat), hanya 24 jam setelah operasi militer lainnya dilakukan oleh angkatan bersenjata kami dengan drone yang ditujukan pada sasaran yang sama,” katanya.

BERITA REKOMENDASI

Saree menyatakan kalau pasukannya, merupakan bagian dari operasi militer mereka melawan Israel.

menegaskan bahwa mereka telah mulai mengambil semua tindakan praktis untuk melaksanakan arahan yang dikeluarkan mengenai bagaimana menangani kapal Israel dengan tepat di Laut Merah.

Dia menekankan bahwa operasi angkatan bersenjata Yaman melawan Israel tidak akan berhenti sampai Tel Aviv berhenti menargetkan Gaza.

Baca juga: Houthi Beraksi, AS Sibuk Tekel Rudal dan Drone di Laut Merah, Bidik Kapal Perang dan Wilayah Israel

Kapal perang AS, USS Thomas Hudner, sebuah kapal perusak kelas Arleigh Burke menjadi sasaran drone tempur kelompok milisi perlawanan Yaman, Houthi (Ansarallah) pada Rabu (15/11/2023).
Kapal perang AS, USS Thomas Hudner, sebuah kapal perusak kelas Arleigh Burke menjadi sasaran drone tempur kelompok milisi perlawanan Yaman, Houthi (Ansarallah) pada Rabu (15/11/2023). (Tangkap Layar/BI/REUTERS/Murad Sezer)

Pernyataan tersebut juga muncul setelah Departemen Pertahanan AS, Pentagon, mengumumkan kalau  kapal perang AS USS Thomas Hudner di Laut Merah menembak jatuh drone yang diluncurkan dari wilayah Yaman.

Pentagon menegaskan bahwa drone tersebut menargetkan kapal perusak USS Thomas Hudner, sementara kapal perusak tersebut “berhasil mempertahankan diri” terhadap drone tersebut saat berlayar melalui Laut Merah.

(oln/*/Memo)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas