Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

2 Jurnalis Palestina Terbunuh oleh Israel di Jalur Gaza, Tercatat Ada 79 Kematian Wartawan

Dua jurnalis Palestina terbunuh oleh serangan udara Israel di kamp Bureij di Jalur Gaza. Kematian ini menambah daftar 79 kematian wartawan di Gaza.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in 2 Jurnalis Palestina Terbunuh oleh Israel di Jalur Gaza, Tercatat Ada 79 Kematian Wartawan
X
Jurnalis Palestina, Sari Mansour (kiri) dan Hassouneh Saleem (kanan), terbunuh dalam serangan Israel di kamp Bureij di Jalur Gaza pada Sabtu (18/11/2023). Warga dan rekan jurnalis mengantarkan jenazah mereka ke pemakaman. 

TRIBUNNEWS.COM - Dua jurnalis, Sari Mansour dan Hassouneh Saleem, terbunuh dalam serangan Israel di kamp Bureij di Jalur Gaza pada Sabtu (18/11/2023).

Sindikat Jurnalis Palestina (PJS) melaporkan analis politik Mustafa al-Sawwaf juga tewas, bersama beberapa anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di rumahnya di Kota Gaza.

PJS menambahkan dua putra al-Sawwaf terluka parah dalam serangan itu.

Mereka adalah Montaser, seorang fotografer kontrak untuk media Anadolu dan Mohammad, yang juga pembuat film.

Dalam rekaman yang beredar di media sosial, PJS dan warga di kamp Bureij mengantarkan kedua jenazah jurnalis tersebut ke pemakaman.

PJS mencatat, jumlah korban tewas jurnalis Palestina oleh tentara Israel sejak 7 Oktober 2023, telah melonjak menjadi 79 orang, ditambah 29 jurnalis yang ditahan oleh Israel.

Baca juga: Israel Bombardir Gaza, Abu Ubaida: Hamas Hilang Kontak dengan Penjaga Sandera

Kematian jurnalis di Jalur Gaza menggarisbawahi pentingnya menjaga kebebasan pers dan menjamin keselamatan jurnalis, yang perannya sebagai saksi mata dan komunikator global.

BERITA REKOMENDASI

Berkurangnya jurnalis Palestina di Jalur Gaza memicu kekhawatiran global akan terbungkamnya suara dari pihak Palestina, dikutip dari Anadolu.

Israel Targetkan Kamp Pengungsi

Pengambilan gambar yang diambil dari rekaman video AFPTV ini menunjukkan warga Palestina memeriksa kehancuran pasca serangan Israel di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza, pada 1 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan gerakan Hamas Palestina.
Pengambilan gambar yang diambil dari rekaman video AFPTV ini menunjukkan warga Palestina memeriksa kehancuran pasca serangan Israel di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza, pada 1 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan gerakan Hamas Palestina. (AFP)

Baca juga: Media Israel: Hamas Tak Berencana Serang Festival Musik 30 Menit usai Luncurkan 5.000 Roket

Selain kamp pengungsi di Bureij, Israel juga menargetkan sejumlah kamp termasuk kamp pengungsi di Jabalia, Khan Yunis, hingga Nuseirat.

Setidaknya 15 warga Palestina tewas dalam serangan Israel terhadap Khan Younis di Jalur Gaza selatan, serta di kamp pengungsi Nuseirat pada hari Minggu (19/11/2023), menurut laporan media Palestina, WAFA.

"Lima belas warga Palestina tewas, saat fajar pada hari Minggu, setelah pesawat tempur Israel membom dua rumah di kamp Nuseirat dan Khan Yunis di Jalur Gaza,” lapor WAFA.

Setidaknya 13 warga Palestina di kamp Nuseirat tewas, termasuk seorang ibu dan anak, setelah terkena serangan udara Israel di rumah keluarga Zuhd.

Sementara beberapa lainnya terluka, setelah pemboman sebuah rumah keluarga Abu Akar di sekitar Rumah Sakit Eropa di tenggara Khan Yunis.

Hamas Palestina vs Israel

Orang-orang berjalan melewati gedung-gedung yang hancur akibat pemboman Israel di Gaza, di Bureij di pusat Jalur Gaza, pada 14 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Orang-orang berjalan melewati gedung-gedung yang hancur akibat pemboman Israel di Gaza, di Bureij di pusat Jalur Gaza, pada 14 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (Muhammad ABED / AFP)

Baca juga: Jerman Kritik Invasi Israel di Tepi Barat, Sindir Arab Tak Bantu Palestina

Serangan Israel di Jalur Gaza terjadi setelah Israel menanggapi serangan terbaru Hamas dalam Operasi Badai Al-Aqsa yang menerobos perbatasan Israel dan Jalur Gaza pada Sabtu (7/10/2023) pagi.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas