Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Delapan Pria Bersenjata Bajak Kapal Tanker Israel di Perairan Yaman, Aksi Kelompok Houthi Lagi?

Penyanderaan kapal tanker minyak yang terkait dengan Israel kembali terjadi di lepas pantai Aden, Yaman, Minggu (26/11/2023).

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Delapan Pria Bersenjata Bajak Kapal Tanker Israel di Perairan Yaman, Aksi Kelompok Houthi Lagi?
HO
ILUSTRASI - Pembajakan kapal kargo NYK Line yang dilakukan kelompok Houthi Yaman di Laut Merah . 

TRIBUNNEWS.COM, SANAA - Penyanderaan kapal tanker minyak yang terkait dengan Israel kembali terjadi di lepas pantai Aden, Yaman, Minggu (26/11/2023).

Dugaan hal itu dilakukan oleh kelompok Houthi Yaman yang selama ini dikenal sebagai kepanjangan tangan Iran di kawasan tersebut.

“Central Park, yang dikelola dan dimiliki oleh Zodiac Maritime, disita di Teluk Aden,” kata perusahaan intelijen swasta, Ambrey, dikutip The Associated Press, pada Minggu (26/11).

Kabar ini juga dikonfirmasi pejabat pertahanan AS meski tidak menjelaskan lebih lanjut terkait pelaku penyanderaan itu.

“Pasukan AS dan koalisi berada di sekitar lokasi dan kami terus memantau situasinya,” kata pejabat tersebut kepada AFP.

Sementara Pemilik Zodiac Maritime mengatakan bahwa di antara 22 awaknya adalah warga negara Rusia, Vietnam, Bulgaria, India, Georgia dan Filipina, serta seorang kapten Turki.

"Pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman sebelumnya mengancam akan menyerang kapal tanker tersebut jika tidak dialihkan ke pelabuhan Hodeida," kata mereka.

BERITA REKOMENDASI

"Komunikasi dari kapal perang koalisi AS telah disadap dan memperingatkan Central Park untuk mengabaikan pesan tersebut," tambah Ambrey.

Masih menurut Ambrey, insiden penyanderaan kapal itu dilakukan oleh delapan pria bersenjata yang menggunakan dua perahu kecil.

Sementara dari pihak Zodiac Maritime mengatakan," Prioritas kami adalah keselamatan 22 awak di dalamnya. Kapal yang berkapten Turki itu memiliki awak multinasional yang terdiri dari awak berkewarganegaraan Rusia, Vietnam, Bulgaria, India, Georgia, dan Filipina. Kapal itu membawa muatan penuh asam fosfat.”

Zodiac menggambarkan kapal itu milik Clumvez Shipping Inc., meskipun catatan lain secara langsung mengaitkan Zodiac sebagai pemiliknya.

Zodiac Maritime yang berbasis di London adalah bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel Eyal Ofer.

Catatan perusahaan Inggris mencantumkan dua pria dengan nama belakang Ofer sebagai direktur saat ini dan mantan direktur Clumvez Shipping, termasuk Daniel Guy Ofer, yang juga direktur di Zodiac Maritime.

Sebagai informasi, wilayah Aden dikuasai oleh pasukan yang bersekutu dengan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas