Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengawal Netanyahu Geledah Kepala IDF Jelang Rapat, Lieberman: Ini Hina Tentara Israel

Netanyahu meminta pengawalnya geledah peserta rapat Kabinet Perang, termasuk Kepala IDF. Jenderal Herzi Halevy marah dan sebut ini krisis kepercayaan.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Daryono
zoom-in Pengawal Netanyahu Geledah Kepala IDF Jelang Rapat, Lieberman: Ini Hina Tentara Israel
JACQUELYN MARTIN / POOL / AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyaksikan Menteri Luar Negeri AS memberikan pernyataan kepada media di dalam The Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, setelah pertemuan mereka di Tel Aviv pada 12 Oktober 2023. -- Netanyahu meminta pengawalnya untuk menggeledah anggota Kabinet Perang sebelum rapat, termasuk Kepala IDF, Herzi Halevy. 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang penjaga keamanan di kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, meminta izin untuk menggeledah Kepala Staf Umum Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Herzi Halevy, sebelum mengikuti rapat Kabinet Perang pada Selasa (5/12/2023) malam.

Ia ingin memastikan apakah Herzi Halevy membawa alat perekam ke dalam ruang sidang.

Herzi Halevy sedang dalam perjalanan menuju ruang sidang di kompleks pemerintah di Tel Aviv.




Dia terkejut saat petugas keamanan dari kantor Netanyahu meminta untuk menggeledah barang-barangnya untuk memastikan dia tidak membawa perangkat elektronik atau alat perekam ke dalam aula.

"Kepala Staf (Herzi Halevy) marah dan masuk ke dalam ruangan bersama orang-orang yang hadir, termasuk Sekretaris Militer Perdana Menteri, Mayor Jenderal Avi Gil, dan menyatakan ketidakpuasannya atas insiden tersebut," lapor Channel 13 Israel, Selasa (5/12/2023).

Mantan Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, mengomentari insiden tersebut dan menilai pemeriksaan Kepala Staf Umum IDF adalah penghinaan bagi seluruh tentara Israel.

“Mempermalukan Kepala Staf berarti mempermalukan semua prajurit tentara Israel," tulis Avigdor Lieberman di X, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: Saat Keluarga Sandera Israel Temui Netanyahu: Pemerintah Tuduh Hamas Mendikte Kami

BERITA TERKAIT

Ini bukan insiden pertama yang menunjukkan kurangnya kepercayaan di antara para pejabat Israel.

Yedioth Ahronoth mengungkapkan sekitar satu setengah bulan yang lalu, pegawai perempuan di kantor Netanyahu menggeledah petugas menjelang Pertemuan Tingkat Menteri Dewan Politik dan Keamanan (kabinet), untuk juga memastikan mereka tidak membawa alat perekam.

Sebelum adanya penggeledahan itu, para pejabat senior di militer diperbolehkan untuk merekam sesi-sesi untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan operasional.

Namun, kantor Netanyahu kemudian melarang mereka melakukannya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Kiri) dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant menghadiri konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 28 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (Kiri) dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant menghadiri konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 28 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (ABIR SULTAN / POOL / AFP)

Baca juga: Tentara Israel Alami Diare Parah di Gaza, Sulit Bertempur Lawan Hamas

Isu Perpecahan di Militer Israel

Sebelumnya, pada Sabtu (2/12/2023), Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, menolak untuk menghadiri konferensi dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu di Tel Aviv.

Ketidakhadiran Yoav Gallant menimbulkan bayangan perselisihan antara kedua pemimpin itu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas