Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Starbucks Rugi 11 Miliar Dolar AS atau Sekitar Rp 170,7 Triliun Akibat Boikot dan Pemogokan Karyawan

Starbucks rugi $11 miliar (Rp 170,7 Triliun) akibat boikot dan pemogokan. Saham Starbucks telah jatuh sekitar 9 persen sejak pertengahan November.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Starbucks Rugi 11 Miliar Dolar AS atau Sekitar Rp 170,7 Triliun Akibat Boikot dan Pemogokan Karyawan
USA Today
Starbucks dikabarkan akan menutup 7 outlet di San Francisco, AS. 

Starbucks Rugi $ 11 Miliar (Rp 170,7 Triliun) Akibat Boikot dan Pemogokan Karyawan

TRIBUNNEWS.COM- Starbucks rugi sekitar $11 miliar (Rp 170,7 Triliun) akibat boikot dan pemogokan.

Saham Starbucks telah jatuh sekitar 9 persen sejak pertengahan November. Starbucks mendapati dirinya dalam kesulitan.

Setelah sebuah tweet dari serikat pekerja kelompok tersebut menyatakan solidaritas terhadap Palestina.

Sehari setelah Starbucks menggugat serikat pekerjanya karena mendukung Palestina, kampanye meningkat di platform media sosial yang menyerukan boikot terhadap jaringan kopi populer Amerika tersebut.

Jaringan ini memiliki lebih dari 35,860 cabang di seluruh dunia, termasuk cabang-cabdang yang ada di Amerika Serikat.

Baca juga: Benarkah Starbucks Dukung dan Sokong Israel? Simak Sejarahnya, Kini Miliki CEO Keturunan India

Starbucks menderita kerugian yang diperkirakan mencapai $11 miliar (Rp 170,7 Triliun) di tengah boikot atas perang Israel di Gaza, serta dampak pemogokan karyawan dan faktor lainnya.

BERITA TERKAIT

Saham Starbucks telah jatuh sekitar 9 persen sejak pertengahan November.

Starbucks menderita kerugian yang diperkirakan mencapai $11 miliar di tengah boikot atas perang Israel di Gaza, serta dampak pemogokan karyawan dan aktivitas promosi yang buruk.

Beberapa minggu terakhir ini penuh dengan gejolak bagi Starbucks, dengan adanya boikot dan pemogokan karyawan yang menuntut lingkungan kerja dan upah yang lebih baik, serta rendahnya permintaan akan promosi yang menyebabkan nilai pasar perusahaan turun sebesar $10,98 miliar.

Seorang analis kedai kopi mengatakan bahwa meskipun konflik tampaknya memiliki banyak segi bagi Starbucks, dampak negatif yang tidak menguntungkan dari rencana perusahaan ini menunjukkan tantangan terhadap masa depan mereka.

Pasar saham sangat berdampak pada Starbucks pada saat perusahaan tersebut menghadapi masalah sosial yang kompleks, mendorong investor untuk mundur dari kepemilikan saham perusahaan dan mendorong sahamnya ke dalam penurunan terpanjang sejak penawaran pasar saham pertamanya pada tahun 1992.

Baca juga: Penyebab Starbucks akan Tutup 7 Gerai di San Francisco

Sejak 16 November, saham Starbucks telah anjlok 8,96 persen, setara dengan kerugian hampir $11 miliar, di tengah laporan melambatnya penjualan dan buruknya respons terhadap tawaran liburan.

Starbucks mendapati dirinya dalam keadaan terjepit setelah sebuah tweet dari serikat pekerja kelompok tersebut yang mengungkapkan solidaritas terhadap Palestina, dan majalah tersebut mencatat bahwa tindakan perusahaan terhadap serikat pekerja tersebut dan penuntutannya meluas ke aktivitas komersialnya.

Penuntutan Starbucks terhadap serikat pekerja memicu kampanye anti-serikat pekerja di media sosial dan mendorong sejumlah serikat pekerja untuk memprotes tindakan tersebut di lebih dari 200 cabang di AS, sehingga mengganggu fungsi normal cabang-cabang perusahaan.

Starbucks menghadapi tantangan untuk mempertahankan reputasi mereknya di tengah pengaruh-pengaruh ini.

Baca juga: Ikuti Jejak McDonalds dan Starbucks, Dominos Pizza Tutup 142 Gerai di Rusia

Sehari setelah Starbucks menggugat serikat pekerjanya karena mendukung Palestina, kampanye meningkat di platform media sosial yang menyerukan boikot terhadap jaringan kopi Amerika yang populer di dunia Arab.

Jaringan ini memiliki lebih dari 35,860 cabang di seluruh dunia termasuk cabang di Amerika Serikat, sehingga karyawannya telah membentuk serikat pekerja untuk mewakili mereka di hadapan manajemen perusahaan.

(Sumber : Al Jazeera + Newsweek, tellerreport)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas