Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel dan Hamas Terbuka untuk Gencatan Senjata di Gaza, Kata Dua Orang Sumber dari Keamanan Mesir

Dua sumber keamanan Mesir mengatakan pada hari Minggu bahwa Israel dan Hamas sama-sama terbuka terhadap gencatan senjata baru dan pembebasan sandera.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel dan Hamas Terbuka untuk Gencatan Senjata di Gaza, Kata Dua Orang Sumber dari Keamanan Mesir
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pengunjuk rasa melakukan aksi solidaritas untuk Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Minggu (17/12/2023). Dalam aksinya mereka mendesak pemberhentian genosida yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina, serta mengutuk tindakan Amerika Serikat (AS) yang telah menggunakan hak veto untuk menolak resolusi gencatan senjata di Gaza pada rapat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait kondisi perang Israel-Palestina di Gaza. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Israel dan Hamas Terbuka untuk Gencatan Senjata di Gaza, Kata Dua Orang Sumber dari Keamanan Mesir

TRIBUNNEWS.COM-  Dua sumber keamanan Mesir mengatakan pada hari Minggu bahwa Israel dan Hamas sama-sama terbuka terhadap gencatan senjata baru dan pembebasan sandera, meskipun masih ada perbedaan pendapat mengenai bagaimana hal itu akan dilaksanakan.

Mesir dan Qatar, yang sebelumnya telah merundingkan gencatan senjata selama seminggu dan pembebasan sandera, bersikeras mempercepat bantuan dan pembukaan penyeberangan Kerem Shalom sebelum negosiasi dimulai, kata sumber tersebut.

Seorang pejabat Israel mengatakan bantuan telah diizinkan masuk ke Gaza, setelah sumber-sumber Mesir awalnya mengatakan bantuan itu ditahan.

Harapan bagi perdamaian muncul pada hari Sabtu ketika sebuah sumber mengatakan kepala mata-mata Israel telah berbicara pada hari Jumat dengan perdana menteri Qatar.

Hamas bersikeras menetapkan daftar sandera untuk dibebaskan secara sepihak, dan menuntut agar pasukan Israel mundur ke belakang garis yang telah ditentukan, kata sumber tersebut.

Baca juga: Komandan Tentara Israel Tangkap Lebih dari 1.000 Orang Warga Gaza, Diklaim Pejuang yang Menyerah

Meskipun Israel menyetujui Hamas untuk menetapkan daftar tersebut, sumber-sumber tersebut mengatakan bahwa Israel meminta batas waktu dan melihat daftar tersebut sebelum menetapkan waktu dan durasi gencatan senjata.

BERITA REKOMENDASI

Israel menolak untuk menarik diri, tambah sumber tersebut.

Hamas mengatakan gencatan senjata sepenuhnya merupakan prasyarat untuk pembebasan sandera, kata sumber tersebut.

“Penting bagi saya untuk memperjelas, IDF (Pasukan Pertahanan Israel) bertekad menyelesaikan tugas membongkar Hamas,” kata juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari dalam konferensi pers, Minggu.

"Kami terbuka terhadap segala upaya yang bertujuan untuk mengakhiri agresi Israel. Ini adalah dasar untuk diskusi apa pun," kata pejabat Hamas Sami Abu Zuhri ketika dimintai komentar oleh Reuters mengenai Israel dan keterbukaan Hamas terhadap pembicaraan menurut pihak Mesir.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Hamas Setuju Gencatan Senjata Sepenuhnya Jadi Prasyarat

Dua orang sumber dari keamanan di Mesir menyatakan Israel dan Hamas terbuka terhadap Gencatan Senjata di Gaza.

Reuters mengutip dua sumber keamanan Mesir yang mengatakan bahwa Israel dan Hamas terbuka untuk memperbarui gencatan senjata dan membebaskan tahanan, namun masih ada perbedaan pendapat mengenai cara menerapkannya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas