Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Militer AS Klaim Telah Tembak Jatuh Empat Drone Milik Kelompok Houthi di Yaman

USS Laboon kala itu tengah merespons panggilan darurat dari sebuah tanker minyak bendera Norwegia dan sebuah tanker minyak mentah bendera India

Penulis: Bobby W
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Militer AS Klaim Telah Tembak Jatuh Empat Drone Milik Kelompok Houthi di Yaman
US NAVY / AFP
Penampakan kapal USS Laboon saat berlabuh di Yunani, 29 April 2015. - Kapal USS Laboon mengkonfirmasi pada Sabtu (23/12/2024) mereka menembak jatuh empat drone milik kelompok Houthi. 

TRIBUNNEWS.COM - Suasana Laut Merah setelah Amerika Serikat terus memberikan perlawanan terhadap kelompok Houthi di Yaman.

Terbaru, pihak militer negeri berjuluk Paman Sam telah mengumumkan bahwa mereka berhasil menembak jatuh empat drone yang diluncurkan oleh kelompok Houthi Yaman

Kapal perusak berpemandu USS Laboon menembak jatuh drone milik Houthi tersebut saat mereka merespons permintaan bantuan.

Komando Sentral Amerika Serikat (CENTCOM) mengaku tidak ada korban jiwa atau kerusakan dalam operasi yang berlangsung pada hari Sabtu (23/12/2023) tersebut.

USS Laboon kala itu tengah merespons panggilan darurat dari sebuah tanker minyak bendera Norwegia dan sebuah tanker minyak mentah bendera India yang menjadi target serangan Houthi.

"Pengepungan ini merupakan serangan ke-14 dan ke-15 terhadap pengiriman komersial oleh militan Houthi sejak 17 Oktober," kata CENTCOM dalam unggahan di X.

Baca juga: Israel Lagi-lagi Serang Warganya Sendiri, 5 Sandera Tewas Termasuk 3 Lansia yang Minta Diselamatkan

Houthi juga melepaskan dua rudal balistik anti-kapal ke jalur pelayaran internasional di Laut Merah Selatan pada hari Sabtu, tetapi tidak ada kapal yang terkena serangan, kata CENTCOM.

BERITA TERKAIT

Secara terpisah, Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa sebuah drone yang diluncurkan dari Iran menghantam sebuah kapal tanker kimia berbendera Liberia yang dimiliki oleh Jepang di Samudra Hindia pada Sabtu pagi.

Sementara itu, Badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris sebelumnya mengatakan bahwa sebuah drone meledak di dekat sebuah kapal di Selat Bab el-Mandab, di lepas pantai Yaman.

Houthi, yang menguasai sebagian besar Yaman, telah melakukan kampanye serangan drone dan rudal yang semakin meningkat terhadap pengiriman komersial sejak awal perang di Gaza, sebagai bentuk dukungan terhadap warga Palestina yang menghadapi bombardir Israel.

Pada hari Selasa (19/12/2023), AS meluncurkan pasukan keamanan multinasional yang diberi nama Operasi Prosperity Guardian, untuk melindungi pengiriman di tengah eskalasi serangan di jalur air itu, salah satu rute perdagangan tersibuk di dunia.

Serangan terbaru terjadi ketika Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, mengutuk Iran atas dukungannya terhadap Houthi dan kelompok bersenjata lainnya.

Dalam wawancara yang diterbitkan di surat kabar Sunday Telegraph, Cameron mengatakan bahwa Teheran telah menjadi "pengaruh yang sangat berbahaya di wilayah ini dan di dunia".

Baca juga: Aliansi Rapuh AS di Laut Merah, Anggota NATO Ogah-ogahan Diajak Perang Lawan Houthi Yaman

"Anda punya Houthi, Anda punya Hezbollah, Anda punya milisi yang didukung Iran di Irak yang sebenarnya telah menyerang basis dan pasukan Inggris dan Amerika. Dan tentu saja, Hamas," kata mantan perdana menteri Inggris itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas