Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brigade Al-Qassam Gunakan Senapan Sniper M99 Tiongkok: Jarak Tembak 1.600 Meter dalam 2 Detik

Ini kali pertama Brigade Al-Qassam menggunakan senapan sniper kaliber berat M99, buatan China untuk menembak tentara Israel (IDF) dari jarak jauh

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Brigade Al-Qassam Gunakan Senapan Sniper M99 Tiongkok: Jarak Tembak 1.600 Meter dalam 2 Detik
tangkap layar twitter
Senapan sniper kaliber berat M99, buatan Tiongkok. Senapan ini digunakan Brigade Al Qassam, sayap militer milisi pembebasan Palestina di Gaza untuk menembak tentara Israel (IDF) dari jarak jauh. 

Brigade Al-Qassam Gunakan Senapan Sniper M99 Tiongkok: Jarak Tembak 1.600 Meter dalam 2 Detik

TRIBUNNEWS.COM - Pada Sabtu (30/12/2023), Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina, Hamas mengumumkan kalau mereka menembak seorang tentara Israel dengan senapan sniper kaliber berat “M99” di Sheikh Ajleen, Gaza Selatan.

Laporan Al-Ghad melansir, hal yang menjadi sorotan dari pengumuman ini adalah, ini kali pertama Brigade Al-Qassam diketahui menggunakan senapan sniper kaliber berat M99, buatan Tiongkok tersebut.




Menurut “Gun Wiki”, senapan M99 merupakan senapan anti material (tembus baja) semi otomatis dengan kaliber berat 12,7 × 108 mm.

Baca juga: Pakar Militer Turki Ungkap Hal Mengejutkan Soal Brigade Al Qassam Bikin Senapan dan Peluru Sniper

Senapan ini dapat menghilangkan target pada jarak 1600 meter dalam waktu dua detik.

Artinya, target sudah dilumpuhkan sebelum suara desing peluru mencapai lokasi target dalam waktu 2,7 detik.

Disebutkan, senapan ini dikembangkan pemerintah China sebagai respons atas permintaan Tentara Pembebasan Rakyat, angkatan bersenjata Partai Komunis Tiongkok untuk memenuhi kebutuhan militer.

BERITA TERKAIT

Media Israel melaporkan, Tentara Israel (IDF) mendapat informasi tentang penggunaan senjata Tiongkok oleh Brigade Al-Qassam.

Sumber berita Israel, Channel 12 mengklaim kalau IDF bahkan sudah menyita sejumlah senjata Tiongkok di Gaza.

"Namun, muncul pertanyaan tentang bagaimana senjata-senjata ini bisa sampai dari Tiongkok ke Gaza?" tulis laporan JT dalam ulasannya.

Punya Pabrik Senapan dan Amunisi Sendiri

Terlepas dari kabar penggunaan senapan sniper buatan China oleh Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas itu, dalam saluran telegramnya menyebut juga memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri senapan sniper.

Baca juga: Rentetan Roket Hajar Tel Aviv, Jubir Brigade Al-Qassam: Israel Terus Ulangi Kebodohan yang Sama

Brigade Al-Qassam dalam video yang diulas tersebut, mengklaim memproduksi secara lokal senapan dan amunisi khusus untuk penembak runduk, sniper, yang mereka gunakan untuk memerangi IDF.

Al Qassam menamai senapan itu sebagai Al-Ghoul.

"We made with our own hands what reaps your heads. We will continue killing your soldiers by our locally manufactured sniper rifles (Kami membuat dengan tangan kami sendiri apa yang menarik perhatian Anda. Kami akan terus membunuh tentara Anda dengan senapan sniper produksi lokal kami),” tulis pernyataan Brigade Al-Qassam menyertai unggahan video tersebut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas