Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertahanankan Posisi di Khuzaa, Brigade Al-Qassam Ledakkan Ladang Ranjau di Pasukan Infanteri Israel

Upaya Tentara Israel menyapu Gaza Selatan mendapat perlawanan sengit dari milisi pembebasan Palestina di Jalur Gaza. Mereka malah kena ranjau darat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pertahanankan Posisi di Khuzaa, Brigade Al-Qassam Ledakkan Ladang Ranjau di Pasukan Infanteri Israel
Brigade Al-Qassam/media militer
Anggota Brigade Al-Qassam memasang alat peledak rakitan anti-personil untuk menyerang Tentara Israel di Kota Gaza, Jalur Gaza, dalam sebuah video yang dirilis pada 4 Januari 2024. 

Pertahanankan Posisi di Khuzaa, Brigade Al-Qassam Ledakkan Ladang Ranjau di Pasukan Infanteri Israel

TRIBUNNEWS.COM - Upaya tentara Israel (IDF) untuk terus maju menyapu Gaza Selatan mendapat perlawanan sengit dari milisi pembebasan Palestina di Jalur Gaza.

Pada hari ke-91 perang Israel di Jalur Gaza, milisi perlawanan Palestina dilaporkan terus melakukan operasi gabungan menghadapi pasukan pendudukan Israel di beberapa poros pertempuran, Jumat (5/1/2024).

Satu di antara lokasi pertempuran itu terjadi di Kamp Pengungsi Al-Maghazi yang terletak di sebelah selatan Kota Gaza di Jalur Gaza tengah.

Baca juga: Hamas Melemah Seusai Saleh Al- Arouri Tewas? IDF Salah Besar, Brigade Al Qassam Muncul di Depan Muka

"Upaya penyerangan oleh pasukan pendudukan Israel, ditanggapi oleh faksi Perlawanan dengan tembakan langsung," tulis laporan koresponden Al-Mayadeen.

Brigade al-Qassam dari gerakan Hamas mengumumkan kalau unit mortirnya menargetkan sekelompok tentara Israel dan kendaraan lapis baja di sebelah timur kamp tersebut.

"Di distrik selatan Khan Younis, pejuang al-Qassam melakukan operasi gabungan dengan Brigade al-Quds Jihad Islam Palestina (PIJ) dan menargetkan tiga tank Merkava Israel dengan muatan tandem 64/105 mm yang diproduksi secara lokal, dijuluki al-Yassin, dan peluncur tandem yang diimpor, dekat daerah Maen," tulis laporan tersebut.

BERITA TERKAIT

Lebih jauh ke timur Khan Younis, dekat tembok pemisah antara Jalur Gaza dan wilayah pendudukan, pejuang al-Qassam menargetkan buldoser lapis baja militer Israel dengan serangan roket al-Yassin, di Khuzaa.

Pertahankan Posisi di Khuzaa, Ledakkan Ladang Ranjau

"Meskipun Khuzaa terletak di ujung distrik selatan, milisi perlawanan Palestina dilaporkan tetap mempertahankan posisinya di dalam kota, melakukan operasi-operasi militer penting, termasuk penyergapan pada Jumat ini," tulis laporan tersebut.

Laporan itu menyertakan pernyataan Brigade Al-Qassam yang mengatakan para pejuangnya meledakkan tiga alat peledak anti-personil di ladang ranjau, ketika pasukan infanteri Israel, yang terdiri dari tujuh tentara mencapai jalan di Khuzaa.

"Serangan membunuh dan melukai anggota pasukan infanteri Israel," klaim pernyataan tersebut.

Baca juga: Israel Geram, Bagaimana Caranya Senjata-Senjata China Jatuh ke Tangan Hamas Buat Musnahkan IDF?

Brigade Al Qassam memamerkan rudal anti-bunker buatan Rusia, dalam serangkaian serangan darat melawan tentara Israel di kawasan Jabalia, Gaza Utara.
Brigade Al Qassam memamerkan rudal anti-bunker buatan Rusia, dalam serangkaian serangan darat melawan tentara Israel di kawasan Jabalia, Gaza Utara. (HO)

"Di Jalur Gaza utara, serangkaian roket diluncurkan ke arah kibbutzim "Nahal Oz" dan "Alumim"," kata Brigade al-Quds mengumumkan.

Brigade al-Mujahidin juga menembakkan roket ke "Nahal Oz" pada pukul 11.00 (waktu setempat).

Dalam hal pertempuran dan adu tembak secara langsung, Brigade al-Mujahidin mengumumkan kalau para pejuangnya menargetkan pengangkut personel lapis baja (APC) Israel dengan tembakan anti-lapis baja, di lingkungan Sheikh al-Radwan.

"Serangan menghancurkan kendaraan tempur Israel tersebut sepenuhnya," tulis klaim milisi perlawanan tersebut.

(oln/almydn/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas