Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bom Rakitan Brigade Al-Qassam Tewaskan dan Bikin Luka-luka 15 Tentara Israel di Khan Younis

Brigade al-Qassam Hamas mengatakan meledakkan alat peledak yang menargetkan unit Israel yang terdiri dari 15 tentara, mengakibatkan korban jiwa

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bom Rakitan Brigade Al-Qassam Tewaskan dan Bikin Luka-luka 15 Tentara Israel di Khan Younis
Tentara Israel / AFP
Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 31 Januari 2024 ini menunjukkan pasukan Israel mengevakuasi seorang tentara yang terluka selama operasi di Jalur Gaza, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. 

Bom Rakitan Brigade Al-Qassam Tewaskan dan Bikin Luka-luka 15 Tentara Israel di Khan Younis

TRIBUNNEWS.COM - Meski dinyatakan sudah dinetralisir, Khan Younis terbukti masih menjadi satu di antara sektor Jalur Gaza yang mematikan bagi tentara Israel (IDF).

Terbaru, pertempuran sengit antara kelompok perlawanan Palestina melawan pasukan pendudukan Israel di wilayah selatan Jalur Gaza dan Kota Gaza berhias insiden peledakan improvised explosive device (IED) alias bom rakitan yang menyasar pasukan IDF.

Koresponden Al Mayadeen, Minggu (25/2/2024) melaporkan kalau konfrontasi terkonsentrasi di wilayah timur dan barat kota Khan Younis, dan lingkungan al-Zaytoun di tenggara Kota Gaza.

Baca juga: Upaya Israel Banjiri Terowongan Hamas Tidak Sukses, Eks-CIA: Gaza Diubah Jadi Benteng Perang

Brigade al-Qassam Hamas mengumumkan kalau para pejuangnya meledakkan alat peledak rakitan, menargetkan sekelompok 15 tentara Israel di dalam sebuah rumah di Abasan al-Kabira di Khan Younis.

Ledakan dari bom rakitan itu diklaim Al-Qassam membunuh dan melukai anggota pasukan Israel tersebut.

Dalam pernyataan terpisah, Brigade Al-Qassam mengungkapkan kalau mereka telah menyerang tank Merkava Israel menggunakan roket al-Yassin 105 dan melepaskan tembakan dari jarak dekat ke arah 4 tentara Israel di area yang sama.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Brigade al-Quds, sayap militer Gerakan Jihad Islam Palestina, mengumumkan kalau para pejuangnya berhasil menembak seorang tentara Israel di front timur Khan Younis.

Baca juga: Puluhan Tank Teronggok di Gaza, Mayor Jenderal Israel: Garis Komando IDF dalam Kekacauan Total

EVAKUASI - Tentara Israel (IDF) mengevakuasi rekan mereka yang roboh dan terluka dalam pertempuran di Jalur Gaza. Dalam 24 jam terakhir, sebanyak 46 tentara IDF mengalami luka-luka dan tidak bisa melanjutkan perang.
EVAKUASI - Tentara Israel (IDF) mengevakuasi rekan mereka yang roboh dan terluka dalam pertempuran di Jalur Gaza. Dalam 24 jam terakhir, sebanyak 46 tentara IDF mengalami luka-luka dan tidak bisa melanjutkan perang. (Tangkap Layar/Memo)

580 tentara IOF tewas sejak 7 Oktober

Brigade Al-Quds juga mengumumkan pada Minggu kalau mereka melakukan serangan hebat ke tentara pendudukan Israel di wilayah Abasan al-Kabira.

Brigade tersebut mengatakan kalau para pejuang mereka menargetkan buldoser Israel dengan alat peledak jenis Barq, kemudian menargetkan tank Merkava dengan peluru Tandem, melenyapkan awaknya dari jarak dekat.

Selain itu, media militer kelompok tersebut merilis rekaman yang menunjukkan tembakan roket yang diluncurkan ke pertemuan militer Israel di zona pertempuran di selatan Kota Gaza.

Dalam laporan terbarunya pada hari Minggu, pasukan pendudukan Israel mengakui bahwa 580 tentara dan perwira mereka telah terbunuh sejak 7 Oktober, sementara 240 orang tewas sejak militer Israel menginvasi Jalur Gaza pada akhir Oktober 2023.

(oln/almydn/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas