Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Membantah Gerakan Perlawanan Telah Menerima Usulan Gencatan Senjata dengan Israel di Gaza

Hamas membantah klaim Al-Arabiya atas kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Hamas Membantah Gerakan Perlawanan Telah Menerima Usulan Gencatan Senjata dengan Israel di Gaza
(Photo credit: Reuters)
Anggota Brigade Al Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina Hamas. 

Hamas Membantah Gerakan Perlawanan Telah Menerima Usulan Gencatan Senjata dengan Israel di Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Hamas membantah klaim Al-Arabiya atas kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Laporan tersebut menyatakan bahwa gerakan perlawanan telah menyetujui usulan AS untuk melakukan gencatan senjata sementara dan mengirimkan delegasi ke Kairo

Hamas mengeluarkan pernyataan pada 13 Maret yang membantah laporan di Al-Arabiya milik Saudi bahwa gerakan perlawanan telah menerima proposal AS untuk perjanjian gencatan senjata di Gaza.

Gerakan perlawanan Islam menyatakan, “Tidak ada kebenaran atas berita yang diterbitkan oleh saluran Al-Arabiya yang dikaitkan dengan (sumber senior Hamas) tentang gerakan tersebut menerima tawaran internasional untuk perpanjangan gencatan senjata di Gaza dan pemulangan pengungsi secara bertahap, atau sebuah delegasi menuju ke Kairo untuk membahas rinciannya.”

“Kami meminta media untuk memastikan keakuratan dan kredibilitas dalam memberitakan berita dan tidak memanipulasi perasaan masyarakat kami yang terkena agresi Zionis dan perang pemusnahan Nazi,” tambah pernyataan itu.

Laporan Al-Arabiya mengaku mengutip seorang pejabat senior Hamas.

BERITA REKOMENDASI

Hamas bersikeras menginginkan bahwa setiap kesepakatan gencatan senjata dalam perang dengan Israel akan berujung pada berakhirnya perang secara permanen, pembebasan warga Palestina yang ditawan di penjara-penjara Israel, kembalinya warga Gaza yang terlantar ke rumah mereka, dan masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Israel dan AS menuntut Hamas menerima gencatan senjata sementara selama enam minggu dan membebaskan warga Israel yang ditawan di Gaza.

Israel kemudian mempunyai kebebasan untuk menyerang Gaza sekali lagi setelah gencatan senjata berakhir.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak menunjukkan minat untuk mencapai kesepakatan untuk membebaskan sisa warga Israel yang ditawan oleh Hamas di Gaza.

Netanyahu dan sekutu supremasi Yahudinya, Itamar Ben Gvir dan Bezalel Smotrich, melihat isu pembebasan tawanan Israel sebagai penghalang bagi upaya mereka untuk menaklukkan Gaza, mengusir paksa 2,3 juta penduduk Palestina, dan mendirikan pemukiman Yahudi di tempat mereka.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas