Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Israel di Jalanan Lebanon Tewaskan Pemimpin Brigade Al-Qassam Hamas

Tentara Israel melancarkan serangan di wilayah teritorial Lebanon dan menewaskan seorang pemimpin Brigade Al-Qassam

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Serangan Israel di Jalanan Lebanon Tewaskan Pemimpin Brigade Al-Qassam Hamas
khaberni/HO
PEMIMPIN BRIGADE AL QASSAM - Kolase foto Hadi Mustafa, pria yang disebut-sebut sebagai pemimpin Brigade Al-Qassam di Lenin dan kobaran api dari mobil yang terkena serangan drone Israel, Rabu (13/3/2024). Drone Israel itu menargetkan mobil sipil yang ditumpangi Hadi, dengan rudal pada Rabu pagi di persimpangan al-Housh dekat pintu masuk kamp pengungsi Rashidieh, yang terletak di pintu masuk selatan kota Tirus di Lebanon selatan 

Serangan Israel di Jalanan Lebanon Tewaskan Pemimpin Brigade Al-Qassam Hamas

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan pendudukan Israel (IDF) dilaporkan melancarkan serangan di wilayah teritorial Lebanon dan menewaskan seorang pemimpin Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas, Hadi Mustafa.

Khaberni mengabarkan, Hadi Mustafa menjadi target serangan Israel saat berada di mobilnya yang meledak kena serangan drone, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: Operasi Steady Anchor, Tentara Israel Siapkan Rencana Darurat Perang Besar-besaran Lawan Hizbullah

"Sebuah drone Israel menargetkan mobil sipil dengan rudal pada Rabu pagi di persimpangan al-Housh dekat pintu masuk kamp pengungsi Rashidieh, yang terletak di pintu masuk selatan kota Tirus di Lebanon selatan," tulis laporan Al Mayadeen.

Khaberni melaporkan, Radio tentara pendudukan Israel melansir, Hadi Mustafa, yang menjadi target serangan di Lebanon selatan, adalah seorang pejabat di Brigade Al-Qassam - Lebanon dan bertanggung jawab atas serangkaian serangan terhadap fasilitas dan situs Israel.

Baca juga: Sepagian Sudah 100 Roket Hizbullah Luncurkan ke Israel: 30 Roket Gelombang Kedua Tanpa Sirine

SASAR PETINGGI HAMAS - TKP serangan pesawat tak berawak Israel yang menghantam desa Jadra di Lebanon tengah, di selatan ibu kota Beirut, pada Sabtu (10 Februari 2024). Setidaknya tiga orang tewas akibat serangan ini. Menurut media Israel, sasaran serangan ini adalah komandan Hamas Basel Salah, yang dikabarkan selamat.
SASAR PETINGGI HAMAS - TKP serangan pesawat tak berawak Israel yang menghantam desa Jadra di Lebanon tengah, di selatan ibu kota Beirut, pada Sabtu (10 Februari 2024). Setidaknya tiga orang tewas akibat serangan ini. Menurut media Israel, sasaran serangan ini adalah komandan Hamas Basel Salah, yang dikabarkan selamat. ((Photo Credit: Mohammad Zaatari/AP))

Serangan Jauh di Dalam Teritorial Lebanon

Belakangan, Israel dilaporkan menggencarkan bombardemen udara di wilayah teritorial Lebanon.

Pada Selasa (12/3/2024), Pertahanan Sipil di Lebanon timur mengatakan satu orang tewas dan 8 lainnya luka-luka dalam jumlah awal dari dua serangan Israel di wilayah Bekaa.

BERITA REKOMENDASI

Pesawat pendudukan Israel menembakkan dua rudal ke sebuah bangunan di daerah Al-Safari, selatan kota Baalbek, wilayah yang jauh dari perbatasan dan ada di dalam teritorial Lebanon

Serangan Israel kedua juga menargetkan sekitar kota Nabi Sheet di Bekaa, Lebanon timur.

Pesawat tempur Israel melancarkan serangan di kota Khiam, Bint Jbeil, Hula, dan Barghez di Lebanon selatan.

Kemarin, pesawat tempur Israel juga melancarkan serangan di beberapa lokasi dan kota di Lebanon selatan. 

Sumber-sumber medis di Lebanon melaporkan  setidaknya satu orang tewas dan dua lainnya terluka akibat penargetan tersebut.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Lebanon Abdullah Bou Habib menginstruksikan untuk mengajukan pengaduan ke Dewan Keamanan PBB, menyusul pemboman Israel yang menargetkan warga sipil di daerah pemukiman sekitar kota Baalbek di Lebanon timur kemarin.

Kementerian Luar Negeri Lebanon mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Bou Habib menginstruksikan departemen yang kompeten di kementerian untuk mengajukan pengaduan ke Dewan Keamanan PBB, melalui Misi Permanen Lebanon ke PBB di New York, menyusul serangkaian serangan Israel yang dianggap sebagai serangan Israel paling kejam, pada tanggal 11 dan 12 ini, yang menargetkan warga sipil di daerah pemukiman sekitar kota.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas