Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alasan Houthi Serang Kapal Tanker Huang Pu China di Laut Merah: Berubah Haluan Menuju Israel

Unit rudal Yaman, juga menyerang sejumlah target Israel, di pelabuhan Eilat, yang terletak di selatan Wilayah pendudukan.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Alasan Houthi Serang Kapal Tanker Huang Pu China di Laut Merah: Berubah Haluan Menuju Israel
Al Mayadeen
Serangan rudal balistik Houthi Yaman berhasil menggempur pelabuhan Eliat yang berlokasi di kawasan pendudukan Israel, hingga membuat aktivitas di pelabuhan itu nyaris lumpuh. 

Alasan Houthi Hantam Kapal Tanker Huang Pu China di Laut Merah: Berubah Haluan Menuju Israel

TRIBUNNEWS.COM - Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) yang terafiliasi gerakan Ansarallah Houthi mengumumkan, kalau Kapal Tanker Huang Pu yang disebut-sebut dimiliki oleh Tiongkok. menjadi sasaran serangan mereka karena berubah haluan menuju Israel.

Dalam pengumumannya tersebut, YAF menegaskan kalau Kapal Tanker Huang Pu merupakan kapal milik Inggris.

Adapun pihak Barat menyebut, Kapal Huang Pu sudah berganti kepemilikan.

Houthi sebelumnya sudah menegaskan kalau kapal-kapal China dan Rusia aman dari serangan mereka di Laut Merah.

Baca juga: Komando Pusat AS: Kapal Tanker China Terbakar Kena Rudal Balistik Houthi, Yaman Salah Sasaran?

Juru bicara YAF, Brigjen Yahya Saree dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024) tersebut menyebut, pasukan negara ini dalam tiga hari terakhir melancarkan enam operasi khusus terhadap Amerika Serikat, Israel, dan Inggris.

Yahya Saree mengatakan Angkatan Laut Yaman, dan Unit rudal negara ini melancarkan empat serangan terhadap empat kapal AS dan Inggris, di Teluk Aden dan Laut Merah.

BERITA REKOMENDASI

Ia menambahkan, dua kapal Amerika Serikat, MAERSK SARATOGA dan APL DETROIT, menjadi sasaran serangan pasukan Yaman, di Teluk Aden dan Laut Merah.

Sementara itu, kapal Inggris, HUANG PU, dan PRETTY LADY, menjadi target serangan pasukan Yaman, saat tengah mengubah arah ke Israel.

Baca juga: Yaman Kirim Peringatan ke Arab Saudi: Jadi Sasaran Serangan Houthi Kalau Bantu AS

Anggota Penjaga Pantai Yaman yang berafiliasi dengan kelompok Houthi berpatroli di laut saat para demonstran berbaris melalui kota pelabuhan Laut Merah Hodeida sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat Gaza pada 4 Januari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas di Gaza.
Anggota Penjaga Pantai Yaman yang berafiliasi dengan kelompok Houthi berpatroli di laut saat para demonstran berbaris melalui kota pelabuhan Laut Merah Hodeida sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat Gaza pada 4 Januari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas di Gaza. (AFP)

Baca juga: Giliran Kota Ashdod Dibombardir Salvo Roket Brigade Al-Qassam, Ekonomi Vital Israel Target Milisi

 Jubir Angkatan Bersenjata Yaman, menuturkan, Unit drone Yaman, melancarkan operasi khusus terhadap dua kapal perang AS, di Laut Merah.

Selain itu, Unit rudal Yaman, juga menyerang sejumlah target Israel, di pelabuhan Eilat, yang terletak di selatan Wilayah pendudukan.

Menurut Brigjen Yahya Saree, seluruh operasi tersebut berhasil, dan semua target yang telah ditetapkan oleh Angkatan Bersenjata Yaman, tepat terkena tembakan.

Pada saat yang sama, Jubir Angkatan Bersenjata Yaman, menegaskan bahwa seluruh operasi ini dipersembahkan untuk para pejuang Gaza, dan operasi-operasi terhadap Israel, dan sekutu-sekutunya akan terus berlanjut.

(oln/PT/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas