Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Sebut Kedahsyatan Rudal Zirkon Hanya Klaim Rusia, Fakta Ini Membuktikan

Militer Ukraina mengungkap rudal jelajah Tsirkon atau 3MM2 Zirkon yang ditembakkan pasukan Rusia ke Kiev tidak berfungsi dengan baik.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ukraina Sebut Kedahsyatan Rudal Zirkon Hanya Klaim Rusia, Fakta Ini Membuktikan
Kementerian Pertahanan Rusia/Russia Beyond
Rudal 3MM2 Zirkon 

TRIBUNNEWS.COM -- Militer Ukraina mengungkap rudal jelajah Tsirkon atau 3MM2 Zirkon yang ditembakkan pasukan Rusia ke Kiev tidak berfungsi dengan baik.

Tentara Vladimir Putin menggempur ibu kota Ukraina dengan rudal presisi tersebut pada 7 Februari dan 25 Maret lalu.

Potongan-potongan senjata tersebut kemudian diteliti oleh laboraturium militer Kiev.

Baca juga: Ukraina Mulai Gunakan Drone Balon, Diam-diam Dekati Target Lalu Jatuhkan Bom

Andrii Kulchytskyi, Kepala Laboratorium Penelitian Militer Institut Penelitian Ilmiah Keahlian Forensik Kiev mengungkap kepada lembaga penyiaran publik Ukraina, Suspilne.

Zirkon merupakan salah satu rudal kebanggaan Vladimir Putin yang diklaim bisa menyerang sasaran dengan presisi tinggi dengan kecepatan hipersonik.

Namun menurut peneliti tersebut, klaim Rusia bahwa karakteristik Zirkon sebagai misil 'super' atau 'hiper' hanyalah kata-kata saja.

"Rudal ini tidak menjalankan misi tempurnya. Kenyataannya, misil tersebut masih jauh dari digunakan di pertempuran. Ia terbang ke arah yang salah, dan tidak melakukan pekerjaan yang dirancang untuknya," kata Kulchytskyi dikutip dari Ukrainska Pravda, Rabu (27/3/2024).

BERITA TERKAIT

Zirkon, jelasnya, memiliki hulu ledak tidak lebih dari 40 kilogram bahan peledak.

“Kami masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui jenis zat apa yang ada di sana. Tapi hulu ledaknya kecil: tidak bisa dibandingkan dengan hulu ledak rudal seperti Kh-101 dan Kh-22,” ujarnya.

Pada pagi hari tanggal 25 Maret 2024, peringatan serangan udara dikeluarkan di Kyiv, yang segera diikuti dengan ledakan.

Baca juga: Pembela Zelensky Dipecat, Jadi Korban Perombakan Sistem Pemerintahan Ukraina

Sistem pertahanan udara merespons serangan tersebut. Pihak berwenang Kiev melaporkan serangan rudal yang menyebabkan ledakan di sebuah gedung dan puing-puing berjatuhan di distrik Pecherskyi, Solomianskyi dan Dniprovskyi di Kyiv.

Setelah serangan itu, menjadi jelas bahwa Rusia telah menyerang Kyiv dengan dua rudal terbarunya, 3M22 Zirkon.

Pada 12 Februari, Institut Penelitian Ilmiah Keahlian Forensik Kyiv melaporkan bahwa Rusia telah menggunakan rudal 3M22 Zirkon pada 7 Februari di Ukraina, dan Rusia mengklaim rudal itu hipersonik.

Puing rudal 3MM2 Zirkon Rusia yang ditembakkan ke Kiev
Puing rudal 3MM2 Zirkon Rusia yang ditembakkan ke Kiev

Kantor berita TASS melaporkan, Zirkon dikembangkan pada 2017 lalu dan pada November 2017, rudal tersebut sudah beroperasi.

Uji terbang lainnya dilaporkan terjadi pada 10 Desember 2018, di mana rudal tersebut menunjukkan bahwa ia dapat mencapai kecepatan Mach 8.

Presiden Rusia Vladimir Putin kemudian mengklaim Zirkon dapat berakselerasi hingga Mach 9 dan menghancurkan target laut dan darat dalam jarak 1.000 km (540 nmi; 620 mil). Desember 2019, Putin menyatakan bahwa versi berbasis darat Zircon sedang dalam pengembangan.

3M22 Zirkon diyakini sebagai rudal jelajah hipersonik bersayap yang dapat bermanuver dengan badan tengah yang menghasilkan gaya angkat.

Tahap booster dengan mesin berbahan bakar padat mempercepatnya hingga kecepatan supersonik, setelah itu motor scramjet dengan bahan bakar cair (Detsilin [ru]) (setara bahan bakar jet JP-10) pada tahap kedua mempercepatnya hingga kecepatan hipersonik.

Jangkauan rudal ini diperkirakan 135 hingga 270 mil laut (250 hingga 500 km) pada tingkat rendah, dan hingga 400 nmi (460 mi; 740 km) pada lintasan semi-balistik rata-rata jangkauannya sekitar 400–450 km.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas