Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berharta Rp1.162 Triliun, Alice Walton Wanita Terkaya ke-2 di Dunia Pakai Mobil Seharga Rp600 Jutaan

Kekayaan Alice Walton berada di bawah Francoise Bettencourt Meyers yang dinobatkan kembali menjadi wanita terkaya di dunia pada tahun ini

Penulis: Eko Sutriyanto
zoom-in Berharta Rp1.162 Triliun, Alice Walton Wanita Terkaya ke-2 di Dunia Pakai Mobil Seharga Rp600 Jutaan
Youtube/net
Berharta lebih dari Rp1100 triliun, Alice Walton (kiri) yang dinobatkan wanita nomer 2 terkaya di dunia mengandalkan mobil pikap Ford F-150 King Ranch keluaran tahun 2006 untuk urusan transportasi 

TRIBUNNEWS.COM - Alice Walton dinobatkan sebagai wanita nomer dua terkaya di dunia versi Forbes dengan kekayaan bersih tahun 2024 mencapai 72,3 Miliar dolar AS atau Rp1.162 triliun.

Kekayaan Alice berada di bawah Francoise Bettencourt Meyers yang dinobatkan kembali menjadi wanita terkaya di dunia pada tahun ini.

Pewaris L’Oreal ini menempati posisi puncak selama empat tahun berturut-turut. Total kekayaannya ditaksir mencapai 99,5 miliar dolar AS atau Rp1.607 triliun.

Kembali ke Alice Walton, wanita yang kini tinggal di Texas memperoleh kekayaan dari kepemilikan sahamnya di perusahaan ritel raksasa AS, Wal Mart.

Saham tersebut merupakan warisan sang ayahnya, Sam Walton pendiri Wal Mart pada 1962.

Baca juga: Walmart Resmi Akuisisi Saham Flipkart Tiger Global Senilai 1,4 Miliar Dolar AS

Walmart merupakan  perusahaan ritel multinasional di Amerika Serikat yang mengoperasikan rantai hypermarkets, departement store, dan grocery stores. 

Sam Walton, mendirikan toko waralaba Walmart pada tahun 1962 saat Alice berusia sekitar 13 tahun dan tahun 1990, Walmart perusahaan ritel terbesar di Amerika Serikat.

BERITA TERKAIT

Diketahui keluarga Walton menguasai 47 persen saham perusahaan ritel raksasa itu sehingga menjadikan keluarga Walton sebagai keluarga terkaya di dunia.

Dilansir dari Forbes, selama setahun terakhir, kekayaannya bertambah 15,6 miliar  atau Rp250 triliun karena lonjakan harga saham Walmart sebesar 34 persen dalam 12 bulan terakhir.

Dibandingkan data tahun 2015, kekayaan Alice melonjak lebih dari 2 kali lipat.

Saat itu, Alice Walton berusia 65 tahun sempat menjadi perempuan terkaya di Amerika Serikat  dengan harta mencapai US$ 32 miliar, atau sekitar Rp 467 triliun.

Selain itu kekayaan bersumber dari penghasilan dari riwayat karir yang pernah ia jalani mulai dari bekerja di Walmart, kemudian menjadi analis ekuitas dan manajer keuangan, lalu bekerja sebagai pialang di perusahaan pialang saham, hingga sebagai ketua pertama Dewan Arkansas Barat Laut, serta masih banyak lagi sumber kekayaan lainnya.

Berbeda dengan saudaranya, Alice yang menyandang gelar sarjana seni atau sarjana ilmu pengetahuan dari Trinity University, Texas dikenal sosok sederhana.

Alih-alih memiliki mobil mewah, kapal pesiar, jet pribadi maupun hobi mahal lainnya, dalam keseharian Alice Walton disebut-sebut mengandalkan mobil pikap Ford F-150 King Ranch keluaran tahun 2006 yang kini berharga 40 ribu dolar AS atau Rp643 juta.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas